Kamis, 07 Januari 2021 14:31

Tips Aman Merawat Kulit di Tengah Pandemi dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Parepare

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
dr Harfiah SpKK
dr Harfiah SpKK

Harfiah menyarankan untuk menggunakan pelembab yang berfungsi membantu membuat kulit menjadi cerah, sehat, dan lembap.

RAKYATKU.COM,PAREPARE — Pandemi Covid-19 membuat kita membatasi diri keluar rumah. Bagi para wanita, merawat kesehatan kulit di tengah pandemi biasa dilakukan dengan skincare.

Namun, dalam merawat kulit juga tidak boleh sembarangan memilih skin care.

Harfiah, dokter spesialis kulit dan kelamin RSU Andi Makkasau berbagi tips bagaimana memilih skin care yang bermanfaat namun tidak merusak kulit.

Baca Juga : 

"Agar tidak salah langkah yang menyebabkan kulit rusak, hal yang penting untuk diketahui adalah seperti apa jenis kulit kalian. Karena setiap jenis kulit berbeda cara perawatannya," jelasnya, Rabu (6/1/2021).

Harfiah menjelaskan, penggunaan skincare di rumah harus pula memperhatikan beberapa tahapan.

"Selalu bersihkan wajah, bagi kamu yang sering menggunakan makeup bisa menggunakan micellar water, cleansing oil, atau cleansing bal terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun pencuci wajah," terangnya.

 

"Gunakan krim eksfoliasi. Hal ini mendukung kulit menjadi lebih sehat dan cerah, karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit. Selain itu, membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan membantu mempercepat regenerasi kulit wajah," tambahnya.

Harfiah juga menyarankan untuk menggunakan pelembab yang berfungsi membantu membuat kulit menjadi cerah, sehat, dan lembap.

"Pelembap sangat penting untuk kulit, agar kulit ternutrisi, lembap, dan juga terhidrasi dengan cukup. Bagi yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan pelembap yang creamy, dan yang kulit berminyak bisa menggunakan pelembap dengan formula air," terangnya.

Hal yang tidak kalah penting, kata Harfiah, adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin dan konsisten.

"Tabir surya atau SPF membantu mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori seiring waktu. Menjadi cantik itu mudah, asal konsisten," tutupnya.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#kecantikan #parepare