Kamis, 07 Januari 2021 13:30

Penting Diperhatikan, Ini Riding Gear yang Tepat saat Berkendara Offroad

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AHM.
Foto: AHM.

Terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

RAKYATKU.COM - Serunya berkendara dengan menaklukkan tantangan kontur tanah bervariasi membuat makin banyaknya pecinta offroad di Indonesia.

Berbicara berkendara offroad tidak lepas dengan penggunaan riding gear yang tepat sehingga tetap menjaga keselamatan pengendara di tengah keseruan.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, riding gear yang digunakan untuk kegiatan offroad maupun di jalan raya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

Baca Juga : Sirkuit Bukit Baruga Dipersiapkan Sebagai Destinasi Wisata Offroad Berskala Nasional

"Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara offroad dan on road yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan offroad dan on road," ujar Lucky, Kamis (7/1/2021).

Berikut beberapa hal yang harus digunakan saat berkendara offroad.

Helm

Baca Juga : Astra Motor Sulsel Hadiahkan 18 unit Motor Honda Kepada PSM Atas Keberhasilan Juarai Liga 1 Musim Ini

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangat penting untuk berkendara on road maupun offroad untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor.

Namun, terdapat perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara offroad, yakni bagian pelindung rahang pada helm offroad lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalkan efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk offroad tidak memiliki visor. Pet pada helm offroad juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” kata Lucky.

Baca Juga : AHM Luncurkan Produk Baru Honda CRF250L di IIMS 2023

Goggle

Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara offroad untuk menjaga bagian mata dari benda asing dan mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara.

“Saat berkendara offroad, kinerja fisik lebih dipacu sehingga menyebabkan dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor. Oleh karena itu, goggle ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Baca Juga : Selamat, Andi Gilang Berhasil Cetak Sejarah Sebagai Pebalap Indonesia Pertama Yang Meraih Gelar Juara ARRC Kelas Supersport 600

Jersey dan Sarung Tangan

Berkendara offroad juga bisa dikatagorikan aktivitas berat yang menyebabkan keringat berlebih pada pengendara sehingga perlu menggunakan jersey yang bahannya mudah menyerap keringat dan cepat kering.

Hal ini bertujuan mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, jersey juga berbahan ringan dan lentur yang memudahkan pengendara melakukan pergerakan ketika melalui medan offroad.

Baca Juga : Pebalap Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Sementara itu, untuk sarung tangan, para pencinta offroad dapat memilih dan menggunakan sarung tangan berbahan kain yang lembut. Hal ini bertujuan memaksimalkan pegerakan tangan dan jari yang membutuhkan pergerakan lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrem.

Chest, Inner Knee, dan Elbow Protector

Potensi bahaya yang ditimbulkan saat berkendara offroad lebih tinggi seperti terjatuh akibat medan yang dilalui tidak stabil. Oleh karena itu, dianjurkan menggunakan chest protector dengan tujuan melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada.

Baca Juga : Pebalap Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Selain itu juga perlu menggunakan inner knee dan elbow protector untuk melindungi bagian siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

“Ketiga riding gear ini pada umumnya digunakan untuk berkendara ekstrem seperti offroad di medan yang berbatu. Perlu diperhatikan juga untuk para pencinta offroad, pilihlah spesifikasi riding gear untuk berkendara offroad yang tidak mudah bergeser dan memiliki tingkat gesekan yang lebih rendah terhadap tubuh,” ujar Lucky.

Sepatu

Baca Juga : Pebalap Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Untuk melindungi bagian kaki, para bikers offroad harus menggunakan sepatu dengan spesifikasi bentuk yang lebih tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera pada tulang kering saat terjatuh dan tertimpa kendaraan.

“Pemilihan sepatu juga penting. Spesifikasi yang digunakan untuk offroad harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kami sehingga mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki saat menahan beban yang berat di medan yang licin," tutur Lucky.

#Astra Honda Motor #Offroad #astra sulselbar #Astra Motor Sulsel