Senin, 04 Januari 2021 14:43

Vaksin COVID-19, Pemkot Parepare Tunggu Arahan Pusat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe.
Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan untuk pengadaan vaksin COVID-19 masih menunggu arahan dari pusat.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan, belum bisa memastikan rencana pengadaan dan pendistribusian vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan untuk pengadaan vaksin COVID-19 masih menunggu arahan dari pusat dan belum bisa memastikan jumlah vaksin yang akan diberikan pemerintah pusat untuk daerah-daerah.

"Sesuai instruksi dan arahan Bapak Presiden RI bahwa daerah diwajibkan siap untuk pelaksanaan vaksin bagi masyarakat secara gratis. Persoalan teknis, tentu saya tidak bisa mengomentari, hanya terkait dengan kebijakan bahwa arahan dan keinginan Bapak Presiden. Vaksin harus secara linear turun sampai ke daerah-daerah. Teknisnya ada pada Dinas Kesehatan dan rumah sakit," beber Taufan, Senin (4/1/2021).

Baca Juga : 

Jumlah yang disalurkan, kata Taufan, tentu berbicara berapa yang disiapkan oleh pemerintah pusat, berapa jatah ke daerah-daerah. "Di situ nanti dilihat pedoman yang ada, jika vaksinnya sudah tersedia, yang mendapat skala prioritas itu siapa-siapa," ucap Taufan.

Saat ini, Pemkot Makassar masih terus berupaya menekan angka penyebaran kasus COVID-19 agar tidak terjadi lonjakan. Di Kota Parepare saat ini kasus positif kini telah mencapai 647, di antaranya 106 kasus aktif.

"Kami bersama Forkopimda meminta kerja sama masyarakat untuk kooperatif dalam menjalankan surat edaran yang telah dikeluarkan mengenai pembatasan aktivitas masyarakat dan perdagangan. Ingat-ki', kita jaga diri-ta', berarti kita jaga-ki' juga orang-orang di sekitar-ta'," tutup Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Satgas Covid-19 #Vaksin Covid-19