Senin, 04 Januari 2021 12:15

Punya Latar Belakang Terkait HTI, Universitas Ternama Ini Copot Wakil Dekan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Logo Universitas Padjadjaran.
Logo Universitas Padjadjaran.

Sebelumnya, pada 2 Januari 2021, Universitas Padjadjaran ikut melantik Asep Agus Handaka Suryana sebagai Wakil Dekan di FPIK.

RAKYATKU.COM - Universitas Padjadjaran (Unpad), Rina Indiastuti, mengeluarkan Surat Keputusan tentang pemberhentian Asep Agus Handaka Suryana sebagai Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Organisasi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Dosen itu punya latar belakang yang terkait dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). "Yang bersangkutan ternyata sempat menjadi pengurus organisasi yang saat ini dilarang oleh pemerintah RI," kata Dandi Supriadi, Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Senin (4/1/2021).

Sebelumnya, pada 2 Januari 2021, Unpad sebagai salah satu universitas ternama ikut melantik Asep Agus Handaka Suryana sebagai Wakil Dekan di FPIK.

Setelah itu rektorat mendapat informasi terkait rekam jejaknya yang tidak ditemukan dan tidak tersampaikan kepada pimpinan Unpad selama proses pemilihan wakil dekan fakultas.

"Hal ini sempat luput dari perhatian karena organisasinya sudah bubar sejak beberapa tahun yang lalu," ucap Dandi.

Universitas lalu mengangkat Eddy Afrianto sebagai penggantinya. Unpad segera melantik Wakil Dekan baru itu Senin pagi (4/1/2021).

Penggantian Wakil Dekan FKIP selang dua hari setelah pelantikan itu dilakukan sebagai upaya Unpad untuk konsisten menjaga integritas kebangsaan.

“Walaupun yang bersangkutan saat ini tidak lagi aktif dalam organisasi yang sudah dibubarkan tersebut,” kata Dandi.

Menurutnya pihak Unpad telah melakukan verifikasi ke Asep Agus Handaka Suryana dan mengakui punya latar terkait dengan HTI. Sejauh ini statusnya masih sebagai dosen di Unpad.

Sumber: Tempo

#Universitas Padjadjaran #hti