Minggu, 03 Januari 2021 20:22

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Makassar Bakal Perpanjang Aturan Jam Malam

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Surat Edaran Pemberlakuan Jam Malam Pemkot Makassar (ist)
Surat Edaran Pemberlakuan Jam Malam Pemkot Makassar (ist)

Pemerintah Kota Makassar kembali akan memperpanjang permberlakuan jam malam. Hal ini dilakukan karena masih meningkatnya kasus positif Covid-19 hingga saat ini.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Kasus posifif Covid 19 meningkat, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana akan memperpanjang pemberlakukan jam malam untuk tempat usaha, mall, cafe, restoran, rumah makan dan warkop, hingga 11 Januari 2021. Kebijakan itu dituangkan dalam Surat Edaran Pj Wali Kota Makassar Nomor: 003. 02/01/S. Edar/Kesbangpol/ I/2021 tertanggal 4 Januari 2021.

Seperti halnya dengan surat edaran sebelumnya, dimana pemberlakuan jam malam untuk tempat usaha yang dimaksud dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 19.00 Wita.

Pemberlakuan jam malam di Kota Makassar sudah berjalan sejak tanggal 24 Desember hingga 3 Januari dan diperpanjang dari tanggal 4 Januari hingga 11 Januari 2021.

Baca Juga : 

Namun dalam surat edaran yang baru tersebut tidak mencantumkan poin tentang pembatasan aktivitas Tempat Hiburan Malam (THM).

Sedangkan penutupan objek wisata pantai, yakni Pantai Losari, Lego-lego, Kanrerong, kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Pantai Tanjung Bayam, Pantai Merdeka, Pantai Akkarena dan Pantai Barombong, ikut diperpanjang hingga 11 Januari 2021.

Seperti diektahui, Surat Edaran tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Covid-19 itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penerapan Hukum Protokol Kesehatan.

 

Ketua Tim Epidemiologi Satgas Covid-19 Makassar, Ansariadi mentakan, perpanjangan pemberlakuan jam malam lantaran kasus Covid-19 yang masih meningkat.

“Akan lanjutkan seminggu sampai melihat perkembangan,” kata Ansariadi saat konferensi pers di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Minggu (03/01/2021).

Meski keputusan memperpanjang pelaksanaan jam malam belum diputuskan Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, namun ia meyakini bahwa usulan tersebut akan disetujui.

“Kemungkinan akan disetujui. Kami sudah diskusikan dengan pak (Pj) Wali Kota. Dan sudah menyiapkan draft perpanjangannya,” tutupnya.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin sebelumnya menegaskan, bahwa bagi pelaju usaha yang melanggar akan diberikan sanksi tegas, termasuk sanksi pidana sesuai diatur dalam UU Kekarantinaan.

“Pengawasanan kita akan perketat, tentu didalam struktur organisasi Satgas, ada satpol PP sebagai ujung tombak dan tentu di back teman-teman TNI dan Polri. Dan di bawah koordinasi Polrestabes dan jika ada yg membandel itu bisa dikenakan juga UU kekarantinaan dan itu bisa berujung pada Pidana,” jelas Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, beberapa waktu lalu

 

#Penjor Makassar #Jam malam #Covid-19