Kamis, 31 Desember 2020 23:04

Perketat Protokol Kesehatan, Malam Tahun Baru di Makassar Sepi

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perketat Protokol Kesehatan, Malam Tahun Baru di Makassar Sepi

Menyambut tahun baru 2021 di Kota Makassar, Sulsel, tak seperti biasanya. Kali ini sepi. Tidak ada kerumunan hingga pesta kembang api yang mewarnai pesta tahunan itu.

MAKASSAR - Menyambut tahun baru 2021 di Kota Makassar, Sulsel, tak seperti biasanya. Kali ini sepi. Tidak ada kerumunan hingga pesta kembang api yang mewarnai pesta tahunan itu.

Kondisi Makassar sepi dalam pergantian tahun ini karena adanya surat edaran dari pemerintah Kota Makassar, terkait larangan merayakan pergantian tahun dan juga penutupan sejumlah jalan protokol hingga tempat wisata yang kerap dijadikan pesta dalam menyambut tahun baru.

Anjungan Pantai Losari misalnya. Tempat wisata ini lengah, tak ada satupun warga atau pengunjung. Tidak ada keramaian, hanya terlihat, petugas gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP Makassar yang melakukan pengamanan super ketat.

Baca Juga : Indonesia Peringkat 18 Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Dunia

Beda halnya tahun-tahun sebelumnya, Anjungan Pantai Losari dalam menyambut pergantian tahun baru, selalu dipenuhi oleh masyarakat. Bahkan, warga dari luar Kota Makassar pun, turut hadir. Beberapa pesta rakyat dan kembang api, menghiasi perayaan tahun baru sebelumnya.

Namun eforia itu hilang atau lenyap. Hal ini semata-mata untuk menekan angkat atau laju dari pandemi Covid-19 di Makassar.

 

Dalam memastikan pergantian tahun 2020 ke 2021 aman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sulsel, langsung memantau suasana dengan mengunakan sepeda motor keliling Kota Makassar.

Baca Juga : Potret Jasad Pasien Covid-19 yang Diseret Anjing Lalu Dikunyah

"Ini sebuah gagasan yang luar biasa dari Pak Kapolda dan seluruh Forkopimda, kita keliling memantau menggunakan motor. Tapi yang ini bagi saya, malam tahun baru di Makassar, bisa kita antisipasi kerumunan massa, tentu ini karena rekayasa (lalu lintas) yang dilakukan oleh Polda," kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Nurdin berharap di malam tahun baru 2021 ini penyebaran Covid-19 dapat ditekan dengan tidak adanya acara perayaan seperti di Pantai Losari dan beberapa tempat keramaian lainnya.

"Saya yakin, insya Allah mudah-mudahan peningkatan kasus bisa di tekan dengan malam tahun baru ini," singkatnya.

Baca Juga : Sudah Lebih 3,3 Juta Orang Meninggal Akibat COVID-19

Adapun rute yang dilalui dari Mako Dit Polairud Polda Sulsel Jalan Ujung Pandang, Jalan Riburane, Jalan A. Yani, Jalan M. Yusuf, Jalam Mesjid Raya, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Ap. Pettarani Berbelok Pemutaran Ramayan Jalan Ap. Pettarani, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan G. Bawakaraeng, Jalan Kartini, Jalan Kajaolalido, Jalam Usman Jafar, Jalam Hasanuddin dan Jalan Pattimura, dan finish di Mako Dit Polairud Polda Sulsel. 

#Covid-19