Kamis, 31 Desember 2020 23:54

Hari Terakhir Tahun 2020, Wakil Gubernur Beri Kuliah Umum Mahasiswa dan Pelajar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Sudirman Sulaiman.
Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman mengatakan seorang mahasiswa atau pelajar menjadi agen perubahan serta memberikan kontrol yang positif, masukan, dan gagasan atau ide kepada pemerintah dalam mempercepat pembangunan.

RAKYATKU.COM - Pada pengujung tahun 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan kuliah umum pada rangkaian 54 tahun Himpunan Pelajar Mahasiswa (HIPMA) Gowa yang dilaksanakan, Kamis (31/12/2020).

Kuliah yang dilakukan secara virtual dengan tema "Kokohkan Himpunan, Majukan Daerah" turut diikuti Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman mengatakan seorang mahasiswa atau pelajar menjadi agen perubahan serta memberikan kontrol yang positif, masukan, dan gagasan atau ide kepada pemerintah dalam mempercepat pembangunan.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Ia menyebut memberi apresiasi positif kepada Pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal ini Bupati, dalam upaya mendukung Pemerintah Provinsi Sulsel dalam menopang secara ekonomi, angka kemiskinan, gini ratio, dan lainnya.

Itu mengingat Kabupaten Gowa menjadi wilayah kedua terbesar di Sulsel. Wagub memaparkan beberapa capaian Pemprov Sulsel mulai dari transaksi non tunai sebagai upaya memberantas korupsi hingga upaya dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Dengan membuat program kegiatan APBD lebih efektif dan efisien, maka progress pembangunan dalam hal infrastruktur lebih dirasakan oleh masyarakat," kata Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Dalam penanganan pandemi COVID-19, sambung Andi Sudirman Sulaiman Pemprov Sulsel membuat program Wisata Duta COVID-19 yang merupakan program karantina terpusat dalam penanganan COVID-19.

Hal ini dilakukan selain menekan angka penyebaran, solusi untuk saudara kita OTG, sekaligus untuk menjaga ketahanan pangan di daerah akibat OTG daerah bisa dipusatkan ke hotel karantina.

"Hal ini juga memberi stimulan kepada hotel yang dimanfaatkan sebagai tempat isolasi kembali beroperasi, sehingga tetap bisa survive dan juga mampu menghidupkan UMKM sebagai usaha turunannya. Alhamdulillah, ekonomi di Sulsel bisa survive dengan pertumbuhan di atas Nasional," tambahnya.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Adik kandung mantan menteri pertanian ini pun mengakui, penyebaran COVID-19 di Sulsel meningkat yang sebelumnya melandai. Ia pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut serta membantu menekan penyebaran COVID-19.

"Kami mengimbau kepada daerah, utamanya yang memiliki tempat-tempat wisata (yang bisa terjadi kerumunan) agar memperketat protokol kesehatan. Kita memiliki tanggungjawab bersama bagaimana memberikan solusi," bebernya.

Andi Sudirman juga menyampaikan apresiasi terhadap pelayanan kesehatan di Kabupaten Gowa di bawa pimpinan bupati Adnan. Ia juga berharap support dari pemerintah gowa untuk menekan angka stunting yang diupayakan Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

"Kami apresiasi dan mendukung upaya Pak Bupati (Gowa) untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat, termasuk kami titipkan bersama perhatian khusus untuk stunting sebagai perhatian provinsi dan menekan angka kematian Ibu dan anak," bebernya.

Sebagai generasi penerus, Andi Sudirman mendorong para mahasiswa dan pelajar termasuk yang berasal dari kabupaten Gowa untuk terus menyalurkan kreativitas dan inovasi dalam mendukung pemerintah yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.

"Kami harap HIPMA Gowa bisa menjadi teladan, menciptakan kreativitas dan membantu pemerintah dengan menghadirkan inovasi dengan sistem teknologi. Kami mendoakan lahirnya pemimpin yang lebih baik dari kami. Yang memiliki moral kepemimpinan, kecerdasan serta mampu membangun Sulawesi Selatan," cetusnya.

Penulis : Syukur
#Andi Sudirman Sulaiman #Pemprov Sulsel