Kamis, 31 Desember 2020 08:01

Tinjau Pengerukan Sedimen dan Eceng Gondok di Sungai Balangturungan, Wagub Angkat Jempol

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tinjau Pengerukan Sedimen dan Eceng Gondok di Sungai Balangturungan, Wagub Angkat Jempol

Wagub melihat langsung ekskavator amfibi yang diturunkan untuk melakukan pengerukan sedimen dan tanaman eceng gondok.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa dibutuhkan penanganan menyeluruh dari hulu hingga hilir yang dilakukan secara sinergis.

Hal itu disampaikan saat mengunjungi progres pengerjaan pengerukan di Sungai Balangturungan yang berada di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Rabu (30/12/2020).

Di lokasi itu, dirinya melihat langsung ekskavator amfibi yang diturunkan untuk melakukan pengerukan sedimen dan tanaman eceng gondok.

Baca Juga : Atas Inisiatif Wagub Sulsel, Warga Paccerakkang: Alhamdulillah Kami Tidak Kebanjiran Lagi

Langkah ini pun bisa menjadi alternatif untuk antisipasi banjir. Mengingat Kota Makassar menjadi salah satu yang menjadi ancaman banjir dalam kondisi musim penghujan ini.

Hal itu atas kerja antara Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) bersama pihak kecamatan dan kelurahan.

Muhammad Hasbi selaku PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA II Satker OP SDA Pompengan Jeneberang menyampaikan, "Progres pekerjaan sudah 50 persen dengan memasuki masa pelaksanaan sudah satu pekan. Insya Allah, dengan pengerukan ini, maka dampak banjir akan berkurang. Dan kegiatan ini sangat direspons positif oleh masyarakat," katanya.

Baca Juga : Wagub Sulsel Apresiasi Distribusi Masker Medis GP Ansor, KSP, dan Aice Group ke Kelompok Rentan Penularan

Pengerukan ini, kata Hasbi, membuka saluran Sungai Balangturungan dari jembatan Daya sampai jembatan Pasar Niaga Daya. Dengan panjang 346 meter dan lebar 35 meter.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) yang menurunkan langsung tim gerak cepat.

"Terima kasih kepada BBWS-PJ atas gerak cepatnya untuk membuka saluran Sungai Balangturungan. Masalah (banjir) ini perlu ditangani dari hulu hingga hilir," ujarnya.

Baca Juga : Utus Andalan Sulsel Peduli Berbagi di Pulau Lae-Lae, Istri Wagub Sulsel: Berbagi Memberi Rasa Damai

Khususnya di Kota Makassar, kata Andi Sudirman bilang, "Dibutuhkan kerja sama dari pemerintah pusat, provinsi dan kota untuk memperbaiki sistem drainase untuk jauh lebih baik," jelasnya.

Tak lupa pula, orang nomor dua di Sulsel sambil mengacungkan jempolnya dan memberikan semangat kepada para tim yang bekerja dalam pengerukan itu.

Penulis : Irmawati Azis
#Wagub Sulsel