Selasa, 29 Desember 2020 22:24

Segudang Prestasi 2 Tahun Kepemimpinan Iksan Iskandar-Paris Yasir di Jeneponto

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Segudang Prestasi 2 Tahun Kepemimpinan Iksan Iskandar-Paris Yasir di Jeneponto

Selama dua tahun ini, Kabupaten Jeneponto telah menerima beberapa penghargaan ditingkat Nasional dan Internasional dari berbagai Kementerian, Badan dan Lembaga.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Selasa 29 Desember 2020, tepat menjelang tahun baru. Refleksi 2 tahun kepemimpinan H Iksan Iskandar bersama H Paris Yasir menjadi Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto di daerah yang berjuluk Butta Turatea.

Dua tahun sejak resmi dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah pada 31 Desember 2018 lalu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar melanjutkan tampuk kepemimpinan untuk periode keduanya. 

Berpasangan dengan Paris Yasir berbagai program pembangunan dan terebosan terus dilahirkan sebagai bentuk implementasi visi dan misi yang diembang yakni Smart 2023. Berdaya Saing, Maju, Religus dan Berkelanjutan.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Dia menyebutkan, dua tahun kepemimpinan pasangan ini pembenahan di berbagai sektor, yang dituangkan dalam Jeneponto Smart terus dilakukan bersama dengan jajaran kepala satuan perangkat Daerah di Kabupaten Jeneponto.

"Delapan Program Prioritas tersebut adalah Infrastruktur, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Pelayanan Publik, Kesehatan Kreatif, Seni Budaya dan Tata Kelola Pemerintahan dan Lingkungan Hidup," ujar Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mustaufiq 

Dia menjelaskan, selama dua tahun ini, Kabupaten Jeneponto telah menerima beberapa penghargaan ditingkat Nasional dan Internasional dari berbagai Kementerian, Badan dan Lembaga. Kilas balik Kepemimpinan Iksan - Paris bertempat di ruang Panrannuanta, Kantor Bupati.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Mustaufiq mengatakan, di awal tahun kepemimpinan H Iksan Iskandar bersama Paris Yasir tepatnya tanggal 22 Januari 2019 tertoreh luka yang mendalam di Butta Turatea bencana banjir bandang yang meluluh lantakkan hingga melumpuhkan roda kehidupan ekonomi, Infrastruktur.

Namun dalam waktu 6 bulan dapat ditangani dengan baik. Dalam sektor infrastruktur terus dilakukan pembangunan guna memberikan fasilitas terbaik untuk masyarakat Kabupaten Jeneponto. 

Seperti pada bulan Juli tahun lalu, Pemkab Jeneponto memperbaiki jalan rusak yang ada dibeberapa kecamatan. Ditambah dengan perbaikan ruas jalan dan trotoar serta berbagai renovasi Perkantoran, Sekolah dan fasilitas Kesehatan yang ada di Jeneponto.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Di bidang kesehatan, masyarakat Jeneponto pun dapat menikmati beberapa kemajuan. Sekarang telah memiliki Publik Safety Center (PSC) atau brigade 115 yang merupakan layanan gratis gawat darurat umum dan kebidanan yang ada di Kabupaten Jeneponto.

"Guna menjaga kesehatan masyarakatnya, Pemerintah Daerah juga tidak melupakan faktor penting lainnya yakni normalisasi aliran sungai dan penanganan sampah disepanjang daratan," jelasnya

Selain itu Kabupaten Jeneponto juga terus mengimbangi kemajuan teknologi dalam sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan melalui dinas komunikasi dan informatika yakni Jeneponto Command Center dengan Inovasi aplikasi berbasis online yang dinamakan Jeka Daeng. 

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

PPID Jeneponto, Aplikasi Sipekerja BKPSDM, Simiral Bappeda, Data Pendapatan Daerah Bappenda, Data Perizinan DPMPTSP, JDIH, dan Radio Turatea FM. Dibidang Pelayanan Publik ini akan terintegrasi dengan Call Center yang diharapkan akan memudahkan masyarakat Kabupaten Jeneponto dalam Pelayanan Publik. 

"Tidak hanya aplikasi, bagian Protokol Pimpinan juga sudah melakukan inovasi melalui Mainservice Digital Pimpinan Daerah melalui Flatform Digital Sosial Media, bertujuan agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan daerah, serta progres kegiatan Pimpinan Daerah. Dan Jeneponto mendapat 16 pernghargaan Inovasi terbaik," sebutnya

Berikut Capaian Penghargaan 2 Tahun Kepemimpinan Bupati - Wabup Jeneponto (H Iksan Iskandar - H Paris Yasir).

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

1. Penghargaan Swasti Saba Wisatra 2019.

2. Penghargaan Best Polici Maker untuk bidang UMKM oleh Markplus Internasional dan Internasional Of Council Small Bussines.

3. Penghargaan dari Gafi untuk Smart Branding Jeneponto.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

4. Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik ditengah Covid-19 yakni Brigade 115

5. Penghargaan Nata Mukti Award oleh Internasional Concil For Small Bussines 2019

6. Dinyatakan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai yang telah keluar dari daerah tertinggal tahun 2019.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

7. Penghargaan Public Service Of The Year Sulsel untuk sektor umkm 2019 dibidang pengembangan industri kreatif dan kerajinan tangan melalui dewan kerajinan nasional daerah Kabupaten Jeneponto atau dekranasda telah berhasil memperoleh penghargaan diajang pekan produk kreatif tingkat sulsel dengan produk kain tenun tope Produksi home industri Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara.

8. Kabupaten Jeneponto juga memperoleh penghargaan Kabupaten layak anak (KLA) dan pelopor ruang bermain ramah anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI.

9. Pemghargaan dari DPP Tameng Anti Korupsi 2019. 

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

10. Penghargaan dukungan sensus penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik.

11. Penghargaan dari Jurnalis Online Indonesia/Wartawan

12. Pengahargaan dari Jasa Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penggerak Percepatan akses keuangan daerah.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

13. Penghargaan Kabupaten sehat tahun 2019.

14. Pengembang UMKM terbaik tingkat Provinsi Sulsel tahun 2019

 15. Penghargaan Best Performance Pengembangan Industri Krearif oleh Deskranasda tingkat Provinsi Sulsel tahun 2019.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

16. Penghargaan Kalpataru 2019.

Diketahui, kilas balik refleksi dua tahun kepemimpinan Bupati - Wakil Bupati Jeneponto (Iksan - Paris) dilaksanakan ditengah Pandemi Covid-19 dengan Protokol Kesehatan, jaga jarak dan pake masker.

Diakhir kata, dia menyampaikan selamat menyongsong tahun baru 2021 dengan semangat baru dengan cita-cita kedepan dan harapan, semoga Allah Subhanahu Wata'ala mengabulkannya.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

 

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto