Selasa, 29 Desember 2020 11:02

Pantau 4 Daerah dengan Helikopter, Gubernur NA: Daerah Perumahan Umumnya Seperti Mangkok

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

Menurut Nurdin, lahan yang telah dibangun perumahan saat ini sebenarnya fungsi awalnya adalah daerah tangkapan air. Sehingga, air hanya berputar di dalam kawasan perumahan.

RAKYATKU.COM - Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah melakukan pemantauan daerah rawan banjir menggunakan helikopter milik BNPB.

Pemantauan lewat udara dilakukan di empat lokasi yakni Kota Makassar, Gowa, Takalar, dan Jeneponto, Senin (28/12/2020).

Nurdin berharap, ada kajian secara komprehensif yang dilakukan oleh pemerintah kota, provinsi, pusat dan pihak terkait lainnya, agar bisa menyelesaikan persoalan banjir di beberapa daerah, termasuk Makassar. 

Baca Juga : Ini Solusi Darurat Kementan Atasi Dampak Banjir di Pati

"Harus dilakukan kajian secara komprehensif, karena kalau kita lihat ini daerah-daerah perumahan, semua seperti mangkok. Ketika turun hujan, air mutar-mutar, tidak jelas mau ke mana keluarnya," ungkapnya.

Pengkajian tersebut, lanjut Nurdin, harus betul-betul diketahui salurannya, dan dibuang ke mana. Contoh, untuk daerah-daerah yang menjadi langganan banjir selama ini adalah daerah perumahan. 

Baca Juga : Penjabat Gubernur Galakkan Penanaman 2 Juta Pohon Nangka Madu di Sulsel

"Makanya ini yang harus kita kaji. Kira-kira kita harus membuat salurannya itu ke mana. Makanya kita berharap, pemerintah daerah memberikan izin untuk developer (pengembang) itu harus dipastikan bahwa lahannya itu bukan lahan khusus daerah tangkapan. Kalau memang sudah daerah kubangan yang ditimbun, pasti banjir," jelasnya. 

Menurut Nurdin, lahan yang telah dibangun perumahan saat ini sebenarnya fungsi awalnya adalah daerah tangkapan air. Sehingga, air hanya berputar di dalam kawasan perumahan. 

"Memang ada beberapa daerah perumahan yang tergenang. Sebenarnya itu fungsi awalnya adalah daerah tangkapan air. Seperti di Antang dan Paccerakkang," ujarnya.

#gubernur sulsel #banjir