Senin, 28 Desember 2020 17:44

Target WTP, Bupati Jeneponto Dorong Sinergitas Antar OPD

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Target WTP, Bupati Jeneponto Dorong Sinergitas Antar OPD

Bupati dua periode itu, Iksan Iskandar berpesan agar dapat mewujudkan rasa aman, nyaman dan persaudaraan yang kuat di tengah-tengah masyarakat.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Senin 28 Desember 2020, ditengah Covid-19 dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Suasana Pelantikan dan pengambilan sumpah sejumlah pejabat struktural dilakukan dengan Protokol Kesehatan memakai masker dan jaga jarak. Pelantikan ini untuk mengisi beberapa jabatan yang lowong setelah melalui prosedur dan mekanisme yang berlaku.

Adapun jumlah pejabat yang dilantik terdapat 77 orang dengan terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II.a dilantik berjumlah 5 orang, Pejabat Administrator Eselon III.a yang dilantik berjumlah 8 orang.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Selanjutnya, pejabat Administrator Eselon III.b yang dilantik berjumlah 9 orang, pejabat pengawas yang dilantik berjumlah 50 orang dan pejabat fungsional yang dilantik berjumlah 5 orang. Selain itu, termasuk dua Kepala Desa Antar Waktu ikut dilantik Kades Paitana, Kades Maero.

Selain itu, juga telah dilantik 2 orang Kepala Desa, Pergantian Antar Waktu yakni Kepala Desa Paitana, Darmiati dan Kepala Desa Maero, Mappapada. Karena itu, atas nama Pemerintah daerah, menyampaikan ucapan  selamat dan sukses kepada para pejabat yang baru saja dilantik serta Kepala Desa.

"Semoga dengan amanah ini, akan semakin meningkatkan semangat dan motivasi saudara dalam mewujudkan kinerja pemerintah yang lebih baik. Kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, saya berharap agar terus menciptakan sinergi yang kuat, baik kepada unsur pimpinan maupun kepada bawahan," jelas Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Dia menyebutkan, agar melaksanakan tugas dan pengabdian dengan sebaik-baiknya dengan menjadi panutan dan teladan serta membangun harmonisasi dalam lingkungan kerja. Salah satu unsur kinerja yang baik adalah menempatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. 

"Berikan pekerjaan kepada bawahan sesuai tupoksinya, sehingga seluruh jajaran dan staf dapat bekerja secara terukur sesuai target yang ingin dicapai.

Kepada para Kepala Desa, agar dapat membangun komunikasi yang baik dengan pimpinan, para perangkat Desa dan kekompakan dengan masyarakat," harapnya 

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Selain itu, Bupati dua periode itu, Iksan Iskandar berpesan agar dapat mewujudkan rasa aman, nyaman dan persaudaraan yang kuat di tengah-tengah masyarakat. Tidak boleh lagi ada sekat pilihan. Lanjutkan pembangunan yang telah dirintis oleh Kepala Desa sebelumnya.  

"Mari kita kirimkan doa dan bacaan alfatihah kepada kedua Kepala Desa sebelumnya, almarhum Mukhtar Kr. Sijaya dan almarhum H. Baso Kr. Manjeng," tuturnya

Dia bilang, Saat ini dia dituntut untuk membangun digitalisasi pemerintahan. Pemanfataan teknologi informatika harus menjadi bagian dari sistem pemerintahan. Apalagi di tengah pandemi covid-19 ini, aktivitas tatap muka dibatasi, dan lebih banyak secara virtual. 

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

"Karena itu, kembangkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang berbasis elektronik. Kita patut apresiasi, bahwa pada 18 Desember yang lalu kita berhasil meraih penghargaan dari Kemendagri, dengan predikat sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada penilaian indeks inovasi daerah," terangnya

Dia berharap, gar mempertahankan dan tingkatkan capaian dengan melakukan terus inovasi pelayanan dan tata kelola pemerintahan. Dan juga mengingatkan bahwa tahun anggaran 2020 segera berakhir. Agar seluruh administrasi pengelolaan keuangan dan asset dapat segera dituntaskan.

"Tidak boleh ada satu OPD pun yang bermasalah. Karena itu, pak Sekda dan para pimpinan OPD agar fokus pada hal ini. Inspektorat agar melakukan pembinaan. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah target yang harus diraih," ujarnya

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

Diakhir sambutannya, ia mengajak para pimpinan OPD dan lainnya, agar terus memelihara citra pemerintahan dan bekerja dengan baik. Hindari perilaku yang tidak terpuji, dan terus kembangkan kualitas diri, demi kemajuan daerah yang kita cintai.

Kepada ASN yang telah memasuki usia pensiun, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas segala jasa dan pengabdian yang telah diberikan selama ini. 

"Jelang pergantian tahun ini, maka kita harus rela berliburan akhir tahun dalam suasana berbeda kali ini. Saya mengajak kita semua untuk menikmati liburan aman dan nyaman, serta memilih di rumah saja," tutupnya.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto