Sabtu, 26 Desember 2020 08:34

Putera Sampoerna Foundation Luncurkan Lentera Edu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Putera Sampoerna Foundation Luncurkan Lentera Edu

Putera Sampoerna Foundation bersama dengan Google.org dan INCO Education Accelerator mengembangkan pelatihan untuk para tenaga pengajar yang bernama LenteraEdu.

RAKYATKU.COM - Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak yang cukup banyak pada berbagai kegiatan.

Tidak hanya pada sektor ekonomi dan pariwisata yang cukup lumpuh karena penyebaran virus berbahaya satu ini. Akan tetapi, pandemi ini bahkan memberikan dampak pula pada dunia pendidikan di hampir semua negara yang ada di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Jika semua proses belajar mengajar dilakukan secara langsung dengan tatap muka antara guru dan siswa di sekolah, kini karena pandemi hal tersebut harus dilakukan dengan jarak jauh secara online atau daring.

Baca Juga : 

Hal tersebut tentu memberikan tantangan yang lebih tidak hanya untuk para peserta didik atau siswa, tetapi juga untuk para tenaga pengajar atau guru.

Tidak hanya karena pembangunan infrastruktur komunikasi serta akses untuk internet yang masih belum merata di seluruh Indonesia, banyaknya guru atau tenaga pengajar yang masih belum bisa dan awam dalam menggunakan serta memanfaatkan teknologi digital saat ini untuk memberikan materi pembelajaran untuk para siswa juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran secara daring.

Hal tersebut dapat dikatakan juga sebagai hambatan yang baru bagi layanan pendidikan Indonesia. Maka dari itu, dibutuhkan terobosan baru yang mendukung untuk para tenaga pengajar lebih bisa untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital sehingga proses belajar dan mengajar di masa pandemi ini tetap bisa berjalan lancar dan sebagaimana mestinya.

 

Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada tersebut, Putera Sampoerna Foundation bersama dengan Google.org dan INCO Education Accelerator mengembangkan pelatihan untuk para tenaga pengajar yang bernama LenteraEdu.

Pelatihan LenteraEdu merupakan singkatan dari Learn, Teach, Accelerate dan Education. LenteraEdu adalah alternatif dan solusi dalam peningkatan kompetensi guru-guru di Indonesia.

LenteraEdu mempunyai slogan “We listen to teachers and deliver knowledge and services they trust and value”. Dengan slogan tersebut, para tenaga pengajar akan mendapatkan akses pelatihan secara daring yang disesuaikan kebutuhan mereka, terstruktur dan mudah untuk dipahami.

Selain itu, fase belajar dari para guru yang menjadi pengguna akan disajikan dengan terstruktur, aplikatif dan kontekstual pada beragam situasi pembelajaran baik secara online (daring) atau offline (luring).

Program pelatihan LenteraEdu hadir dengan berbagai kelebihan serta fitur yang menarik. Beberapa kelebihannya antara lain, adanya pelatihan yang bersertifikat dengan angka kredit mencapai 32 JP (jam pelajaran), lalu menggunakan metode pendekatan Adragogi, Asynchronous, dan Synchronous untuk pelatihannya, adanya forum diskusi untuk para pengguna, serta masih banyak lagi fitur yang menarik dan bermanfaat.

Tidak hanya itu, untuk memberikan pendampingan secara berkelanjutan, para tenaga pengajar yang menjadi pengguna dari LenteraEdu akan mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan fasilitator. Diskusi tersebut akan dikemas dengan apik melalui sesi webinar di setiap akhir kelas pelatihan.

Beragam kelas pelatihan yang bersertifikat di LenteraEdu ini dirancang oleh para praktisi pendidikan yang tentunya sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Selain itu, kelas pelatihan juga berdasarkan dengan analisa kebutuhan pengembangan secara profesional para pendidik dan para tenaga kependidikan.

Dengan begitu, pelatihan ini nantinya bisa menciptakan tenaga pengajar dan tenaga kependidikan yang mempunyai kapasitas yang lebih mumpuni sehingga hasil belajar siswa juga ikut meningkat.

Dalam webinar serta talkshow ini dihadiri para pembicara yang kompeten dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Para pembicara tersebut membahas berbagai tema materi seputar pendidikan yang tentunya menarik dan bermanfaat.

LenteraEdu program pelatihan dari Putera Sampoerna Foundation ini, kini sudah dapat dinikmati oleh semua tenaga pengajar atau guru serta tenaga kependidikan di seluruh Indonesia. Bagi Anda yang tertarik bisa mengunjungi laman lenteraedu.id.

Dengan mengikuti pelatihan ini, tidak hanya kompetensi dan kapasitas Anda sebagai tenaga pengajar atau guru yang meningkat, tetapi seperti dikatakan sebelumnya kualitas dan hasil belajar dari siswa pun ikut meningkat.

#Putera Sampoerna Foundation