Sabtu, 26 Desember 2020 06:33

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Memutuskan Beli Laptop

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Gadgetsnow.
Foto: Gadgetsnow.

Untuk menemukan perangkat laptop yang tepat, berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli laptop

 

RAKYATKU.COM - Laptop merupakan salah satu perangkat gawai yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya oleh kaum pekerja dan mahasiswa, bahkan saat ini banyak sekali siswa sekolah yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Dari banyaknya laptop yang tersedia, laptop Asus menjadi merek yang banyak dipilih. Asus memang menawarkan berbagai seri laptop yang tersedia dengan harga terjangkau.

Spesifikasi yang ditawarkan pun bermacam-macam dan diperuntukkan untuk aktivitas yang berbeda-beda. Untuk menemukan perangkat laptop yang tepat, berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli laptop.

1. Tentukan Tujuan Membeli Laptop
Sebelum melihat-lihat katalog laptop atau mengunjungi ASUS Center, ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu tujuan membeli perangkat laptop tersebut.

Apakah Anda membutuhkan laptop tersebut untuk aktivitas menulis laporan atau untuk tugas-tugas sekolah dan kuliah sederhana? Atau, Anda bekerja atau berkuliah di bidang desain grafis atau animasi dan membutuhkan perangkat laptop untuk itu?

 

Bisa jadi, Anda adalah seorang gamer yang membutuhkan perangkat laptop untuk mengakomodasi kebutuhan gaming?

Dengan mengetahui tujuan membeli laptop, Anda dapat memilih spesifikasi laptop yang tersedia secara lebih objektif. Memperkirakan budget yang harus dikeluarkan pun akan lebih mudah.

Mengetahui tujuan dari membeli laptop juga dapat menghindarkan Anda membeli laptop yang terlalu mahal atau bahkan membeli laptop murah dengan spesifikasi yang kurang tepat untuk kebutuhan.

2. Perhatikan Ukuran Laptop
Poin selanjutnya adalah menentukan ukuran laptop yang diinginkan. Hal ini juga sangat berkaitan erat dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Saat ini ada banyak sekali model laptop ASUS dengan ukuran yang bervariasi.

Mulai dari laptop seukuran notebook dengan penampilan yang tipis dan langsing hingga laptop dengan ukuran body yang agak tebal. Tentunya, Anda perlu mempertimbangkan pola aktivitas saat memilih laptop.

Misalnya, jika Anda kerap mengerjakan tugas kuliah atau tugas sekolah di perpustakaan atau cafe, maka perangkat laptop yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana bisa dijadikan sebagai pilihan.

Berbeda lagi jika Anda memiliki pola aktivitas yang lebih sering berdiam di dalam rumah. Maka, tidak ada salahnya memilih laptop yang berukuran besar dan sedikit tebal.

Faktor preferensi juga bisa menjadi tolak ukur dalam memilih ukuran dari laptop. Misalnya, Anda mungkin lebih menyukai penampilan laptop yang tipis karena memunculkan kesan yang elegan.

Atau, Anda lebih menyukai laptop dengan ukuran yang sedikit besar dan berat karena membuat penampilannya terlihat lebih kokoh. Laptop dengan ukuran body yang tipis biasanya memiliki spesifikasi sedang yang hanya mampu untuk mengoperasikan aplikasi word processing dan browser.

Sedangkan, jika Anda membutuhkan laptop untuk kebutuhan gaming atau proses aplikasi berat, maka ukuran dari laptop tersebut otomatis akan lebih besar dan berat.

3. Perhatikan Tipe dan Kapasitas Media Penyimpanan
Setelah Anda menentukan ukuran laptop yang diinginkan, kini saatnya melirik spesifikasi. Salah satu spesifikasi dari laptop yang wajib Anda perhatikan adalah jenis serta kapasitas dari media penyimpanan.

Media penyimpanan yang diusung laptop umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu HDD dan SSD. Media penyimpanan HDD adalah yang paling banyak ditemukan pada jenis laptop standar.

Media penyimpanan ini memang sangatlah disukai karena memiliki kapasitas yang melegakan dengan harga yang lebih terjangkau. Berbeda halnya dengan SSD. Media penyimpanan jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, performa transfer data yang dimiliki oleh SSD memang jauh lebih kencang dibandingkan tipe HDD.

Umumnya, laptop HDD lebih dipilih bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk aktivitas komputasi sederhana, seperti pengoperasian aplikasi Microsoft, browsing, maupun memainkan game berkapasitas ringan.

Sebaliknya, SSD lebih populer disematkan pada perangkat laptop yang diperuntukkan untuk desain grafis dan gaming. Kedua aktivitas tersebut memang membutuhkan performa memori yang lebih cepat dan berkapasitas besar. Dari segi harga, laptop yang memiliki SSD otomatis jauh lebih mahal dibandingkan laptop dengan kapasitas HDD.

4. Pilih Desain Laptop
Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih laptop sesuai dengan desainnya. Dalam hal ini, desain bukan hanya berarti ukuran dan warna dari laptop tersebut.

Beberapa laptop dilengkapi dengan desain yang memungkinkan Anda untuk melepas layar dari engsel keyboard dan menggunakannya dalam bentuk tablet. Tipe laptop yang lain bahkan memungkinkan Anda untuk menekuk layar mencapai 360o. Anda bahkan mungkin pernah menemukan perangkat laptop dengan desain body yang sangat tipis.

Walaupun mungkin Anda sangat ingin memiliki laptop dengan desain yang futuristik tersebut, tetap saja penilaian harus kembali ke kebutuhan. Jika Anda membutuhkan perangkat laptop untuk memudahkan presentasi untuk grup kecil, maka laptop dengan engsel layar yang dapat diputar bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika Anda sering bepergian, model laptop dengan layar yang bisa dilepas dan dioperasikan sebagai tablet terasa lebih sesuai. Yang tak kalah penting, pastikan bahwa perangkat laptop tersebut memiliki durabilitas yang baik.

5. Pertimbangkan Desain Keyboard Laptop
Apakah Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop? Mungkin, Anda bekerja lembur untuk menyelesaikan laporan yang menumpuk. Atau, bisa saja Anda berprofesi sebagai seorang penulis konten dan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menuliskan konten artikel untuk dipajang di sebuah website.

Aktivitas mengetik dalam waktu yang sangat lama sudah pasti akan mengakibatkan pergelangan tangan dan jari Anda terasa sakit. Hal ini biasanya terjadi jika desain laptop yang dimiliki tidak ergonomis. Jika hal tersebut dibiarkan, tentunya dapat berdampak negatif terhadap kondisi tangan Anda.

Oleh karena itu, pilihlah model laptop yang mengusung desain keyboard yang ergonomis. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan nyaman walaupun menghabiskan waktu selama berjam-jam.

6. Perhitungkan Daya Tahan Baterai
Sama seperti saat Anda membeli smartphone, daya tahan baterai dari laptop pun perlu untuk diperhatikan. Rata-rata laptop ASUS memiliki daya tahan baterai mulai dari 6-8 jam.

Namun, daya tahan baterai sesungguhnya ditentukan oleh tipe prosesor yang digunakan serta seberapa banyak aplikasi yang Anda akses. Misalnya, jika Anda membuka aplikasi game atau aplikasi musik, maka daya tahan baterai pastinya akan berlangsung lebih singkat dibandingkan jika Anda hanya membuka aplikasi word processing atau browser.

Oleh karena itu, sebelum membeli laptop, ada baiknya untuk mencari review sebanyak-banyaknya tentang produk yang Anda beli. Cari tahu seberapa lama baterai tersebut dapat bertahan.

Ini tentunya sangatlah penting, terutama jika Anda akan sangat sering menggunakan laptop tersebut untuk kepentingan pekerjaan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan cara merawat laptop yang tepat.

Perlakuan Anda terhadap laptop tentunya akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan dari baterai laptop tersebut. Misalnya, jangan sampai laptop Anda mengalami overcharging.

Itu karena hal tersebut dapat menurunkan performa baterai. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk membiarkan laptop hingga daya baterai benar-benar habis. Jika dilakukan selama berulang kali, maka lambat laun baterai laptop Anda akan mengalami kerusakan.

7. Perhatikan Spesifikasi Prosesor dan RAM
Prosesor dan RAM dari perangkat laptop akan sangat menentukan performa dari perangkat tersebut. semakin tangguh prosesor dan semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, akan semakin cepat pula performa yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Jenis prosesor yang umumnya digunakan oleh laptop ASUS adalah AMD Ryzen atau Intel Core. Untuk menentukan prosesor dan kapasitas RAM yang dibutuhkan, Anda dapat mencocokkannya dengan kebutuhan. Bagi Anda yang memerlukan laptop untuk kegiatan komputasi biasa, maka laptop dengan prosesor AMD atau Intel Core yang tidak terlalu tinggi pun sudah dapat mengakomodasi kebutuhan.

Sedangkan, jika Anda berkutat di bidang desain grafis atau gaming, maka akan membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar dengan prosesor yang lebih canggih. Intel Core i5 dan i7 merupakan seri prosesor terbaru yang paling mumpuni saat ini.

Sedangkan, untuk kapasitas RAM, Anda membutuhkan kapasitas yang paling tidak sebesar 8 GB sebagai persyaratan minimal untuk laptop gaming. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh laptop tersebut, maka akan semakin banyak pula game berkapasitas berat yang bisa Anda mainkan. Harga yang ditawarkan pun secara otomatis akan lebih mahal.

Rekomendasi Laptop Asus Terbaik di Tahun 2020
Dengan semakin banyaknya kegiatan bekerja dan bersekolah dari rumah, kebutuhan akan laptop memang menjadi salah satu hal yang paling penting. Untuk mengakomodasi kebutuhan Anda, berikut adalah rekomendasi laptop ASUS terbaik di tahun 2020.

1. Asus X441MA
Bagi Anda yang berprofesi sebagai travel blogger, tentunya membutuhkan perangkat laptop ringan yang memudahkan mobilitas Anda. Di saat yang sama, laptop tersebut juga harus memiliki spesifikasi yang mampu membantu Anda dalam mengedit foto dan video yang kemudian dipublish ke dalam blog.

Produk Asus seri X441MA ini memiliki spesifikasi sesuai dengan yang dicari. Perangkat laptop ini mengusung layar seluas 14 inch dengan berat yang hanya mencapai sekitar 1,75 kilogram saja. Biarpun ringan, laptop ini sangatlah kokoh. Laptop ASUS ini mengusung memory internal seluas 4GB yang diperkuat dengan tipe HDD seluas 1 TB dengan kecepatan data transfer mencapai 5400 rpm.

Prosesor Intel HD Graphics dan Windows 10 yang terinstall di dalamnya menjamin performa maksimal dari laptop ini. Fitur anti-glare memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai aplikasi di dalamnya dengan nyaman tanpa khawatir silau. Laptop dari Samsung ini bisa Anda beli dengan kisaran harga sekitar 5 juta rupiah.

2. Asus Vivobook S13
Seri laptop Asus satu ini sangatlah populer di kalangan kaum Hawa. Desain dari laptop ini memang sangat cantik dan elegan. Bentuk body laptop yang tipis membuatnya terlihat sangat mewah.

Tak hanya itu, bobot dari perangkat ini juga tergolong ringan, yaitu sekitar 1,2 kilogram saja. Layar laptop berukuran 13,3 inch menjamin keleluasaan Anda dalam mengakses berbagai fitur dan aplikasi di dalamnya. Laptop ini mengusung prosesor UHD Graphics 620 yang terintegrasi untuk menghasilkan kualitas gambar yang memukau.

Untuk dapur pacu, laptop ASUS ini dipersenjatai dengan Intel Core i3. Aktivitas mengerjakan laporan dan komputasi ringan lainnya akan terasa sangat mudah menggunakan laptop handal ini.

3. Asus TUF Gaming A15
Seri laptop ini merupakan salah satu perangkat laptop gaming terbaru yang baru saja dirilis ASUS pada tahun 2020. Laptop ini telah melalui uji militer dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H.

Itu artinya laptop ini sudah melampaui serangkaian uji ketahanan, mulai dari dijatuhkan dari atas meja hingga berada pada suhu yang ekstrim. Ketahanan laptop ini memang harus diganjar dengan bodi yang besar dan bobot yang cukup berat, yaitu sekitar 2,3 kilogram.

Biarpun demikian, Anda akan sangat dimanjakan dengan performa AMD® Ryzen™ 5 dengan daya output mencapai 4600H. Selain itu, laptop gaming ini juga dibekali dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1650Ti yang diperkuat dengan kapasitas GDDR6 VRAM berkapasitas 4 GB. Untuk memperoleh satu unit laptop ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp15 juta.

#Laptop #Asus