Rabu, 23 Desember 2020 06:17

Pemkab Tana Toraja Ciptakan Inovasi Satgas Mobile Covid 19, 12 Ambulance Disiagakan

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Kapolrestabes Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu melaunching inovasi Satgas Mobile Covid 19 beberapa hari lalu.(22/12)(ist)
Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Kapolrestabes Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu melaunching inovasi Satgas Mobile Covid 19 beberapa hari lalu.(22/12)(ist)

12 Mobil Ambulance dan Satgas Gabungan disiagakan Pemkab Tana Toraja untuk mendeteksi warga yang terpapar Covid 19.

RAKYATKU.COM,TANA TORAJA-Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melaunching inovasi baru penanganan pandemi Covid-19 bernama Satgas Mobile Covid-19, Kemarin, Selasa (22/12/2020). Launching Satgas Mobile Covid-19 ini dilakukan di Plaza Kolam Makale.

"Satgas Mobile Covid-19 ini merupakan sebuah terobosan penanganan Covid-19 dengan mengerahkan 12 ambulans yang siap sedia melakukan pergerakan cepat dalam mencegah dan menangani penyebaran Covid-19," ujar Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae.

Satgas Mobile Covid-19 terdiri atas satu tim medis, tim Polres Tana Toraja dan Kodim, Tim Satpol PP, dan tim analisis, yang memiliki kewenangan untuk mengambil langkah penanganan Covid-19 secara cepat dan tanggap jika menemukan warga yang diduga terjangkit Covid-19.

Bupati menyampaikan, Satgas Mobile Covid-19 bekerja dengan terus bergerak melakukan patroli Covid-19, dari satu wilayah ke wilayah lain. Artinya, tim ini tidak akan menunggu informasi, namun akan bergerak menjemput bola dan menyasar lingkungan masyarakat.

"Ini gagasan dari Kapolres Tana Toraja, putra Toraja, AKBP Sarly Sollu. Saya bangga kita dihadirkan anak bangsa yang muda melalui gagasannya yang tegar dalam menghadapi Covid-19 ini. Ini merupakan terobosan yang baru pertama kali ada di Sulsel," kata Nicodemus.

Gagasan Satgas Mobile Covid-19 dari Kapolres Tana Toraja ini direspons positif Bupati. Ia bergerak cepat menyediakan sarana dan prasarana pendukung utama, mulai dari tenaga medis hingga penyediaan sarana fasilitas ambulans.

 

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu dalam sambutannya di apel launching Satgas Mobile Covid-19 mengatakan, pihaknya tidak menginginkan adanya peningkatan penyebaran Covid-19 tanpa ada langkah pencegahan dan penanganan yang konkret dan jelas.

"Kehadiran Satgas Mobile Covid-19 adalah sebuah langkah cepat dan tanggap terhadap antisipasi peningkatan penyebaran Covid-19 Tana Toraja, kita harus hadir bersama-sama menekan penyebarannya, dan Mobile Covid-19 ini adalah jawabannya," kata Sarly Sollu.

Kapolres pun mengimbau kepada masyarakat Tana Toraja untuk berpartisipasi mendukung upaya pencegahan Covid-19 dengan cara disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Saya imbau kepada segenap warga masyarakat Tana Toraja, mari bersama sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena hanya masyarakatlah yang bisa memutus mata rantai penyebarannya dengan kesadaran sendiri disiplin patuhi protokol kesehatan," pungkas Sarly Sollu.

Sebagai dukungan kepada Satgas Mobile Covid-19, Polres Tana Toraja melibatkan sejumlah personelnya bergabung dalam Satgas Mobile Covid-19, bersama dengan personel TNI, Satpol PP, Dishub, tenaga medis, dan personel Satgas Covid-19 Tana Toraja.

Bahkan Polres Tana Toraja mendirikan posko Mobile Covid-19 yang letaknya bersebelahan dengan Pos Lantas Makale, yang tujuannya sebagai titik kumpul menggerakkan personel menuju sasaran Mobile Covid-19.

#Pemkab Tana Toraja #Satgas Mobile Covid 19