Rabu, 23 Desember 2020 11:35

DMI Sulsel Dorong Pemanfaatan IT di Lingkungan Masjid

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
DMI Sulsel Dorong Pemanfaatan IT di Lingkungan Masjid

Selain Sosialiasi Pemanfaatan Teknologi DMI Sulsel juga Sosialisasi Pembentukan Lembaga Amil Zakat DMI yang nantinya sebagai lembaga yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat muslim, sehingga keberadaannya menjadi sangat urgen.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Sulawesi Selatan mendorong akselerasi pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi masjid dalam rangka memakmurkan masjid. Hal ini d sampaikan dalam Sosialisasi Pemasangan dan Pemanfaatan IT di Lingkungan Masjid, Rabu (23/12/2020) yang di ikuti Pengurus DMI Kabupaten/Kota.

Selain Sosialiasi Pemanfaatan Teknologi DMI Sulsel juga Sosialisasi Pembentukan Lembaga Amil Zakat DMI yang nantinya sebagai lembaga yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat muslim, sehingga keberadaannya menjadi sangat urgen. Hal ini terlihat dari potret kepedulian umat muslim setiap tahun yang semakin antusias untuk mengeluarkan zakat, infaq dan sadaqahnya utamanya di Lingkungan Masjid

Dalam sambutan Sekretaris Umum PW DMI Sulsel, Hasid Hasan Palogai mengatakan "Masjid Selain menjadi tempat ritual keagamaan, masjid juga diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat lainnya," ungkap Ketua MUI Takalar ini

Baca Juga : Terima Kunjungan DMI Wajo, Pj Bupati Sampaikan Dukungan Sukseskan Kegiatan

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen masjid yaitu menghubungkan setiap informasi kegiatan di setiap masjid melalui jaringan internet sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang datang ke masjid.

Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Samad Azis menambahkan bahwa pemanfaatan IT dalam lingkungan masjid dapat memudahkan pengurus dan jamaah dalam pembuatan database, Sound System dan materi kajian dalam bentuk daring di tengah pandemi Covid-19 ini.

Hadir sebagai Narasumber dari Balai Monitor Frekuensi Kemkominfo Helmy Zainuddin, Telkom Indonesia Andi Idham Chalid, Komisioner BAZNAS Sulsel Mahmud Suyuti, dan Kementerian Agama Dr. Hamka.

#Dewan Masjid Indonesia