Selasa, 22 Desember 2020 16:36

IDP Ajak Kaum Perempuan Terlibat dalam Pembangunan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IDP Ajak Kaum Perempuan Terlibat dalam Pembangunan

Indah Putri Indriani didaulat menjadi salah satu pembicara pada Webinar Spesial Hari Ibu yang di selenggarakan KompasTV,

LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani didaulat menjadi salah satu pembicara pada Webinar Spesial Hari Ibu yang diselenggarakan KompasTV, Selasa 22/12/2020. Webinar yang bertema “Perempuan Bergerak, Mengubah Kehidupan Sosial” tersebut dihadiri pula sejumlah Narasumber perempuan yang menginspirasi di berbagai bidang. Webinar Speasial Hari Ibu ini dipandu Presenter Kompas TV, Woro Windrati.

Dalam Webiner yang juga disiarkan langsung Kompas TV melalui channel youtube pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA tersebut, Bupati Indah Putri Indriani menyebutkan bahwa keberadaan perempuan dalam struktur sosial bersama kaum laki-laki memiliki peranan yang sangat strategis dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan.

“Perempuan tidak bisa dilihat secara kuantitas. Apalagi melihat kuantitas antara perempuan dan laki-laki, jumlahnya hampir sama. Olehnya itu, saya mengajak kaum perempuan mengambil peran dan terlibat dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan,” papar Indah yang kembali terpilih sebagai Bupati pada Pilkada Serentak kemarin.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Ia menambahkan, di masa pandemi, ada beberapa sektor, di mana perempuan punya peran sangat signifikan, di antaranya sektor pendidikan. Bagaimana seorang ibu harus menjadi guru buat anaknya ketika melakukan pembelajaran daring.

“Di sektor ekonomi, perempuan juga mengalami tantangan, khusunya ibu rumah tangga yang tetap bisa mengambil peran, meskipun tetap harus di rumah melalui geliat UMKM,” papar dia.

Lanjut ia menyebutkan, di sektor kesehatan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada 70% tenaga kesehatan berasal dari kaum perempuan. Mereka ini, sebut Indah, menjadi barisan terdepan dalam penangan Covid-19.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

“Kaum perempuan harus bisa menjadi orang yang terdepan mengajak dan menyosialisasikan kepada masyarakat dalam upaya penegakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Melihat peranan perempuan dalam berbagai sektor, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menyebutkan bahwa peranan perempuan sangat penting dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan yang tentunya tidak dapat dipisahkan atau dinegasikan, bahkan tidak dapat pula diabaikan bahwa keberadaan perempuan memang sangat strategis dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan,” pungkasnya.

Selain Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dua narasumber lainnya yang ikut tampil dalam webinar kali ini adalah Valencia Mieke Randa (Pendiri Rumah Harapan Indonesia), dan Neni Nur Hayati (Director Executive Democrazy and Electoral Empowerment Partnership). Indah Putri Indriani tampil dengan materi Webinar yang berjudul “Perempuan sebagai Penggerak Kehidupan Sosial”.

#pemkab luwu utara