Selasa, 22 Desember 2020 13:23

Palopo Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Palopo Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

Musrenbang perubahan RPJMD ini bertujuan untuk musyawarah antara para pemangku kepentingan guna membahas dan menyepakati rancangan awal, perubahan RPJMD mengenai penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama.

PALOPO - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023 di Auditorium Saokotae, Selasa 22 Desember 2020.

Plt Kepala Bappeda Kota Palopo Raodatul Jannah menyampaikan, tujuan dari perubahan musrenbang ini merupakan forum musyawarah antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan perubahan RPJMD Kota Palopo Tahun 2018-2023.

Kemudian dibahas untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama yang mencakup kebijakan umum dan pelaksanaan program kegiatan dan kegiatan pembangunan jangka menengah daerah. Sinkronisasi kebijakan pusat, provinsi dan daerah terhadap prioritas pembangunan jangka menengah sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Kemudian indikasi rencana program pembangunan jangka menengah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan pendanaan serta komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani perubahan RPJMD dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Wali Kota Palopo M Judas Amir menyampaikan, musrenbang perubahan RPJMD ini bertujuan untuk musyawarah antara para pemangku kepentingan guna membahas dan menyepakati rancangan awal, perubahan RPJMD mengenai penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama.

Dalam pelaksanaan forum penyelenggaraan musrenbang perubahan RPJMD ini, nantinya melahirkan kesepakatan bersama dalam berita acara yang menjadi pedoman dalam melakukan tahapan evaluasi rancangan awal perubahan RPJMD dengan Gubernur Sulsel.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

"Dengan kesepakatan yang ada ini kita dapat manfaatkan seoptimal mungkin seluruh tahapan rangkaian proses penyusunan rancangan awal perubahan RPJMD hingga penetapannya sesuai tahapan dan waktu yang kita harapkan bersama. Kiranya musrenbang perubahan RPJMD Pemerintah Kota Palopo tahun 2018-2023 ini menjadi momentum kita secara bersama-sama dalam melakukan tahapan-tahapan berikutnya," ucap Judas.

Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023 bersama dengan setiap perwakilan disaksikan oleh Walikota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Wakil Ketua DPRD Kota Palopo serta Plt. Kepala Bappeda Kota Palopo.

Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si, Wakil Ketua I DPRD Kota Palopo, Abdul Salam, SH, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, Lurah serta undangan lainnya.

#pemkot palopo