Minggu, 20 Desember 2020 13:04

Zugito Ungkap Alasan Pentingnya Uji Kompetensi Wartawan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Zugito Ungkap Alasan Pentingnya Uji Kompetensi Wartawan

Kegiatan itu, dibuka langsung Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh (Zugito).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di lantai 19, Gedung Graha Pena, Makassar.

UKW tersebut berlangsung selama Sabtu-Minggu, 19-20 Desember 2020. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua peserta dan penguji dilakukan rapid test, sebelum pelaksanaan kegiatan. 

Adapun tema yang diangkat ‘Membangun Pers Berkualitas, Bermoralitas, Berintegrasi Dihargai Masyarakat dan Pemerintah.

Baca Juga : Bupati Gowa Harap PWI Jadi Wadah Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

Kegiatan itu, dibuka langsung Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh (Zugito). Didampingi Pengurus lainnya di Sulawesi Selatan. Hadir juga para penguji dari luar Jawa.

Zulkifli menyebutkan dua hal dalam kesempatan tersebut. Pertama soal keluhan kurangnya tenaga administrasi dari PWI Pusat di setiap Pelaksanaan UKW di daerah.

"Kita berharap administrasi ini cukup dikirimkan saja, ini juga bisa menghemat anggaran panitia Pelaksana,"terangnya, Sabtu 19 Desember 2020.

Baca Juga : Peduli Pers, Wali Kota Parepare Diganjar Penghargaan di PWI Awards

Mantan Ketua PWI Sulsel itu, juga berharap agar semua peserta bisa dengan serius mengikuti UKW. Sebab dengan lulus UKW, setiap jurnalis bisa dikategorikan wartawan kompeten dan tercatat secara nasional. 

“Meski telah dipercaya oleh Perusahaan dan Organisasi Pers tempat anda bekerja. Tanpa UKW, anda belum mendapat pengakuan dari Dewan Pers. Juga t ada Jaminan Kartu Kompetensi UKW anda abadi, kalau melanggar bisa dicabut," ujarnya

UKW PWI Sulsel angkatan XX ini diikuti sekitar 42 perserta dengan pembagian dua kategori Jenjang Wartawan Utama, empat Wartawan Madya dan beberapa Wartawan Muda. Informasi dihimpun hari ini akan resmi ditutup, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga : Nurdin Abdullah Dapat Penghargaan Bidang Olahraga dari PWI Pusat

Diketahui, sebelum dilakukan UKW ada Diklat di Kantor PWI Makassar yang dihadiri Puluhan Peserta dari berbagai daerah.

Penulis : Samsul Lallo
#PWI