Sabtu, 19 Desember 2020 09:33

Wi-Fi Rumah Mendadak Lemot? Lakukan 5 Cara Simpel Ini untuk Mengatasinya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tenang saja, tidak sulit kok untuk mengatasi masalah tersebut. Tak harus paham IT, berikut adalah 5 cara simpel untuk mengatasi Wi-Fi di rumah yang mendadak lemot dan tidak nyaman digunakan.

RAKYATKU.COM - Koneksi internet telah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Hal ini terlihat dari berbagai aktivitas masyarakat saat ini yang bergantung pada sinyal internet, seperti bermain media sosial, mempelajari ilmu baru, bahkan untuk bekerja sekalipun. Saking pentingnya, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek cukup dalam setiap bulannya untuk berlangganan internet Wi-Fi.

Wi-Fi memang sering kali dijadikan alternatif untuk dapatkan sinyal internet rumahan berkecepatan tinggi setiap saat. Walau terlihat mahal, berlangganan internet Wi-Fi sebanding dengan layanan yang diberikan. Saat berada di rumah, Anda bisa dengan mudah mengakses dunia maya tanpa kendala sama sekali.

Belum lagi dengan tersedianya berbagai provider internet di Indonesia yang menawarkan layanan internet bulanan yang semakin memudahkan kita apabila lebih sering bekerja di rumah di masa pandemi seperti sekarang. Sebut saja layanan paket Indihome, First Media, MyRepublic, Biznet, CBN, dll yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Meski begitu, kadangkala, layanan Wi-Fi tersebut dapat terganggu dan membuat jaringan internetnya lemot. Saat ini terjadi, siapa saja pasti akan langsung merasa jengkel karena tidak bisa bermain internet dengan nyaman. Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan internet Wi-Fi mendadak lemot.

Tentunya, Anda perlu mencari tahu dulu faktor penyebabnya sebelum mampu mengatasi lemotnya koneksi internet dari Wi-Fi tersebut. Tenang saja, tidak sulit kok untuk mengatasi masalah tersebut. Tak harus paham IT, berikut adalah 5 cara simpel untuk mengatasi Wi-Fi di rumah yang mendadak lemot dan tidak nyaman digunakan.

 

Sesederhana Restart Router atau Modem

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Wi-Fi lemot adalah dengan merestart atau mematikan dan menghidupkan kembali mesin router. Cara ini merupakan cara yang biasa dilakukan saat alat elektronik apapun mengalami gangguan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya saat baru mengetahui bahwa koneksi internet Wi-Fi yang dihasilkan tidak optimal. 

Sponsored by MGID

Tidak butuh waktu lama, beri jeda selama kurang lebih 15 sampai 30 detik sebelum menghidupkan kembali router atau modem Wi-Fi. Kemudian, cek koneksi internet setelah menunggu sekitar 1 menit pada komputer atau smartphone. Jika kembali lancar, berarti penyebab Wi-Fi lemot adalah karena ada gangguan pada mesin router atau modem.

Apabila memang bukan, cobalah menghubungi pihak provider untuk melakukan troubleshoot jaringan atau menanyakan apakah memang ada gangguan massal yang sedang terjadi. Misalnya menghubungi pihak Telkom untuk pengguna Indihome, menghubungi Biznet care

Tempatkan Router di Lokasi yang Lebih Tepat

Penyebab internet lemot juga bisa berasal dari kesalahan penempatan mesin router sehingga sinyal yang diterima tidak optimal. Diketahui atau tidak, tembok yang tebal dan distorsi dari alat elektronik lain mampu membuat router kesulitan menangkap sinyal internet. Alhasil, koneksi internet yang Anda dapatkan tidak akan maksimal alias lemot. 

Solusinya tentu cukup dengan mencari tempat yang lebih ideal bagi router mendapatkan sinyal. Bila perlu, pasang repeater, alat yang mampu membantu Wi-Fi menangkap sinyal dan menyebarkannya kembali ke perangkat yang terhubung. 

Ketahui Berapa Banyak Pengguna yang Terhubung

Tergantung dari paket yang dipilih, pelanggan internet Wi-Fi pasti mendapatkan koneksi internet dengan total bandwidth tertentu. Bandwidth tersebut akan dibagi kepada seluruh pengguna yang terhubung ke jaringan internet yang sama. Dalam kata lain, saat ada banyak pengguna Wi-Fi, kualitas koneksinya sudah pasti akan menurun.

Ditambah jika ada yang mengunduh file besar atau streaming video beresolusi tinggi. Pengguna lain tidak akan kebagian bandwidth dan kecepatan internetnya akan menjadi sangat lambat. Jadi, sebelum menyalahkan provider internetnya, cek dulu adakah pengguna lain yang mungkin membuat koneksi internet Anda seperti siput.

Tutup Aplikasi yang Tak Terpakai pada Background

Beberapa aplikasi dan program tetap bisa menyedot koneksi internet meski tidak sedang digunakan atau berada pada background. Bagi pengguna smartphone, Anda dapat menutup aplikasi yang tidak digunakan agar memperlancar jaringan internet. Sedangkan di komputer, Anda perlu memeriksa program pada background melalui Windows Task Manager. 

Pada keyboard, tekan CTRL, Shift, dan Esc secara bersamaan agar Task Manager terbuka. Cermati adakah aplikasi atau program yang diam-diam aktif padahal sedang tidak digunakan. Akan tetapi, hindari mematikan program dengan nama Windows, explorer.exe, Microsoft, System, dan lain sebagainya agar kinerja komputer tidak terganggu.

Sekadar informasi, komputer yang terserang virus atau malware juga dapat menjadi penyebab mengapa jaringan internet tidak maksimal. Untuk mengatasinya, pastikan komputer terpasang aplikasi antivirus yang terpadu agar lebih mudah menumpas virus atau malware. 

Cek Error pada Network Drivers

Terakhir, koneksi internet yang lelet di komputer bisa terjadi karena adanya error pada Network Drivers. Solusinya, tekan Window dan R secara bersamaan pada keyboard untuk membuka dialog Run. Setelah itu, ketik “devmgmt.msc”, Device Manager akan terbuka dan Anda bisa mengklik dua kali “Network Adapters”. 

Jika ada tanda segitiga kuning atau tanda seru, berarti Drivers pada komputer mengalami kendala. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan Update Driver Software dan lakukan langkah yang diberikan. Dengan begitu, masalah internet lambat kemungkinan akan berhasil Anda atasi.

Tetap Tenang dan Cari Solusi Mengatasi Masalah Internet Wi-Fi Lemot

Sebenarnya, masih ada banyak lagi hal yang menyebabkan internet menjadi lambat dan tidak nyaman saat digunakan. Namun, beberapa cara di atas adalah ‘pertolongan pertama’ yang bisa Anda lakukan sendiri guna mengatasi masalah tersebut. Baru saat semuanya tidak menyelesaikan masalah, Anda bisa menghubungi pihak provider untuk mencari tahu asal muasal lemotnya koneksi internet pada Wi-Fi.

Sponsored by advertnative
 
#Wi-Fi