Jumat, 18 Desember 2020 13:43

IGA 2020, Pemkot Parepare Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IGA 2020, Pemkot Parepare Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif

“Kota Parepare ditetapkan sebagai salah satu kota sangat inovatif dari 33 Kota seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan,”

JAKARTA - Di penghujung 2020, Kota Parepare mendapat kado istimewa dengan dianugerahinya sebagai kota sangat inovatif di Indonesia.

Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini diterima Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe oleh Menteri Dalam Negeri melalui Sekjen, Dr Ir Muh Hudori. Penghargaan itu diterima dalam ajang penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 di Hotel Sultan, Jakarta, (18/12/2020).

Penilaian yang dilakukan Kemendagri terhadap seluruh pemerintah daerah ini dilakukan untuk mengukur indeks inovasi daerah melalui dua aspek, yakni satuan pemerintahan daerah dan aspek satuan inovasi dengan parameter yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Minta Camat dan Lurah Bergerak Masif Tingkatkan PAD di Sektor Pajak

Kepala Bappeda Kota Parepare, Syamsuddin Taha mendampingi Wali Kota Parepare mengatakan, penilaian inovasi daerah dilakukan untuk mengukur inovasi pemerintahan dalam mendorong daya saing daerah.

Adapun bentuk inovasi daerah mencakup tiga hal, yakni tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi dalam bentuk lainnya.

 

Dijelaskan, penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020, meliputi lima kategori, yakni provinsi sangat innovatif, kabupaten sangat inovatif, kota sangat inovatif, daerah perbatasan sangat inovatif dan daerah tertinggal sangat inovatif.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Minta ASN Jadi Panutan Penerapan Prokes

“Kota Parepare ditetapkan sebagai salah satu kota sangat inovatif dari 33 Kota seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan,” urainya.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat empat daerah yang menerima penghargaan IGA 2020, yaitu Kota Makassar, Parepare, Pangkep, dan Jeneponto.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare