Senin, 14 Desember 2020 14:57

Dipimpin Dandim 1410, Satgas Covid-19 Bantaeng Lakukan Skrining di Pasar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim Operasi Yustisi melakukan razia terhadap pengunjung pasar yang tidak memakai masker.
Tim Operasi Yustisi melakukan razia terhadap pengunjung pasar yang tidak memakai masker.

Pengunjung yang tidak memakai masker selanjutnya dilakukan pengambilan sampel swab yang diperiksa melalui RT-PCR.

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng menggelar operasi yustisi dirangkaikan skrining Covid-19 (massif testing) pada pelaku pasar rakyat di Lapangan Hitam.

Operasi yustisi dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan No.01/SEd/XII/2020 tentang Penegakan Protokol Pengendalian COVID-19 di Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan dan antisipasi tren peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Bantaeng.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa, didampingi Asisten III, Asruddin, Kadis Kesehatan, dr. Andi Ihsan, Kadis Pol-PP dan Damkar, Abdullah, serta Kadis Pariwisata, Subhan.

Baca Juga : KPU RI Putuskan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Sulsel, Ini Daftarnya

Tim Operasi Yustisi yang berjumlah sekitar 50 orang melakukan razia terhadap pengunjung pasar yang tidak memakai masker.

Pengunjung yang tidak memakai masker selanjutnya dilakukan pengambilan sampel swab yang diperiksa melalui RT-PCR.

Selain itu, sejumlah pedagang pasar antusias memeriksakan diri untuk mengetahui status diri masing-masing apakah terpapar virus corona atau tidak.

Baca Juga : Jumlah Kursi Bertambah, Ini Opsi Rancangan Dapil DPRD Bantaeng di Pemilu 2024

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, dimulai dengan upaya tes massal di tempat-tempat umum dan menjadikan pembelajaran kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini," tutur Dandim 1410 Bantaeng.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr. Andi Ihsan, menambahkan kegiatan serupa akan terus digelar secara rutin setiap hari untuk memastikan masyarakat tidak terpapar virus corona sehingga menjadi modal utama dalam membangkitkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat Lagi, Kini Total 6.080.451

“Insyaallah beberapa hari ke depan Forkompinda dan pejabat Pemkab Bantaeng beserta TNI-Polri dan Satpol PP akan bergerak terus ke tempat-tempat umum memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara baik dan konsisten," ungkapnya.

Penulis : Irmawati Azis
#bantaeng #Satgas Covid-19