Minggu, 13 Desember 2020 16:02

Mahasiswa dan Orang Tua Tidak Hadir Langsung, Yudisium dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Unhas Digelar Daring

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa dan Orang Tua Tidak Hadir Langsung, Yudisium dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Unhas Digelar Daring

Lulusan terbaik beserta orang tuanya turut hadir di lokasi secara langsung. Sementara lulusan lain mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting serta live streaming di channel youtube FKG Unhas.

RAKYATKU.COM -- Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin kembali menggelar yudisium dan pengambilan sumpah dokter gigi periode Desember 2020. Acara berlangsung mulai pukul 13.00 Wita secara hibrid, Sabtu (12/12/2020).

Secara luring, titik acara berlangsung di aula Molar, FKG Unhas Tamalanrea. Hadir langsung pada acara ini pimpinan FKG Unhas, Senat Akademik, Guru Besar, Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Departemen dan Program Studi.

Lulusan terbaik beserta orang tuanya turut hadir di lokasi secara langsung. Sementara lulusan lain mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting serta live streaming di channel youtube FKG Unhas.

Baca Juga : 

Dekan FKG Unhas drg Muhammad Ruslin, MKes, PhD, SpBM(K) menyampaikan selamat kepada peserta yudisium, dan para orang tua atas keberhasilan anak-anaknya meraih gelar Dokter Gigi Spesialis (Sp), Dokter Gigi (drg) dan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG). Ucapan selamat juga disampaikan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan tahapan profesi dokter gigi.

“FKG Unhas meraih prestasi luar biasa di ajang Pekan Ilmiah Nasional 2020 karena Tim PKM kita yang dibimbing oleh drg. Nursyamsi, M.Kes, meraih medali emas untuk kategori presentasi dan medali perunggu untuk kategori poster. Raihan ini mengantarkan Unhas masuk 5 besar Pimnas 2020,” kata Ruslin.

Hingga kini, alumni FKG Unhas telah mencapai 2.772 orang, dengan rincian Dokter Gigi sebanyak 2.641 orang dan dokter gigi spesialis sebanyak 131 orang. Peranan para alumni sangat terasa di masyarakat, dimana mereka mampu menunjukkan jati diri sesuai semangat communiversity dan humaniversity yang diusung almamater.

 

“Sebagai institusi pendidikan, kami terus berbenah, mengingat masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih tinggi khususnya di Indonesia Bagian Timur. Rasio jumlah penduduk dengan tenaga medis, khususnya dokter gigi spesialis, masih jauh dari angka ideal”, jelas Ruslin.

Untuk menekan rasio itu, saat ini FKG Unhas telah membuka 6 Prodi Gigi Spesialis (PPDGS), yaitu Prostodonsi, Periodontologi, Konservasi Gigi, Bedah Mulut dan Maksilofasial, Ortodonti, dan Kedokteran Gigi Anak.

Sementara untuk pendidikan akademik, FKG Unhas kini membuka Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi.

“Tahun 20201 nanti, kami menargetkan akan membuka PPDGS Ilmu Penyakit Mulut dan PPDGS Radiologi. Kami juga mempersiapkan Program S3 Kedokteran Gigi serta Program Vokasi Tekniker Gigi dan Keperawatan gigi,” kata Ruslin.

Diakhir sambutannya, drg Ruslin menyampaikan pesan agar para alumni yang telah menyelesaikan program pendidikan di FKG Unhas dapat terus mengembangkan diri dan karir, baik melanjutkan ke tahap profesi, maupun ujian kompetensi.


Jumlah lulusan FKG Unhas yang mengikuti pengukuhan:

- Dokter Gigi Spesialis Periodonsia: 9 orang,
- Dokter Gigi: 11 orang,
- Tahapan Profesi Dokter Gigi: 64 orang,
- Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG): 9 orang.

Yudisium Terbaik FKG Unhas:

- Spesialis: drg Ira Farwiany Syafar, Sp.Perio (Dokter Gigi Spesialis Periodonsia), IPK 3.99 predikat kelulusan Cum Laude.

- Profesi Dokter Gigi: drg Nurul Fatiha Minanga, IPK 3,67 predikat kelulusan Sangat Memuaskan,
- Sarjana Kedokteran Gigi: Nurul Fatiha Thulfaida, S.KG, dengan IPK 3,41 predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

 

#unhas #Satgas Covid-19