Kamis, 10 Desember 2020 22:02

Asli Nekat, Sekelompok Pencuri Bobol Perangkat Radio Pesawat Kiamat Rusia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menurut laporan, para pencuri berhasil membuka ruang kargo mengambil 39 perangkat radio. Sampai saat ini para pelaku masih diburu.

RAKYATKU.COM - Sekelompok pencuri dilaporkan membobol pesawat kenegaraan Ilyushin Il-86 milik pemerintah Rusia atau yang disebut pesawat kiamat. Mereka juga mengambil sejumlah peralatan elektronik.

Pesawat itu dibangun dan disimpan untuk digunakan sebagai pusat pemerintahan presiden dan pejabat Rusia jika sewaktu-waktu terjadi serangan nuklir.

Dilansir The Guardian, Kamis (10/12/2020), insiden itu terjadi di lapangan udara kota Taganrog, di sebelah selatan Rusia.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Menurut pejabat pemerintah setempat, pesawat yang diparkir di kompleks Penelitian Ilmiah dan Teknik Penerbangan Taganrog dibobol maling.

Menurut laporan, para pencuri berhasil membuka ruang kargo mengambil 39 perangkat radio. Sampai saat ini para pelaku masih diburu.

Dalam laporan stasiun televisi Rusia, Ren-TV, polisi menemukan sepatu dan sidik jari diduga milik pelaku di dalam pesawat.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Rusia saat ini memiliki pesawat Ilyushin Il-80 yang diubah menjadi Il-86 untuk digunakan sebagai pusat komando darurat jika terjadi serangan nuklir.

Pesawat itu tidak mempunyai jendela untuk melindungi penumpang dari pancaran sinar ledakan nuklir.

Pesawat itu dilengkapi dengan sejumlah peralatan komunikasi canggih supaya presiden dan para pejabat serta panglima militer tetap bisa berkomunikasi dengan pasukan di darat. Presiden Rusia juga bisa meluncurkan rudal nuklir dari pesawat itu.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Pesawat itu juga dilengkapi dengan antena sepanjang satu mil untuk berkomunikasi dengan armada kapal selam nuklir.

Jika terjadi serangan nuklir, maka presiden dan para pejabat Rusia wajib menumpang pesawat itu dan memerintah dari sana selama beberapa hari sampai situasi aman.

Spesifikasi pesawat itu tidak diumbar karena merupakan rahasia negara.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Pesawat itu sudah berusia 15 tahun, dan rencananya akan digantikan dengan tipe Il-96-400M yang bisa mempunyai jarak terbang lebih jauh.

Pesawat Il-96-400M juga dirancang tahan terhadap gelombang elektromagnetik yang diakibatkan oleh ledakan nuklir. Pesawat itu juga dilengkapi perisai canggih untuk melindungi peralatan komunikasi dan elektronik dari gelombang itu.

#Rusia #Pesawat Kiamat