Selasa, 08 Desember 2020 09:02

Peduli Covid-19 Ciri Pemimpin Bertanggung Jawab, Jubir Satgas: Pilihlah Calon yang Terapkan Prokes

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prof Wiku Adisasmito
Prof Wiku Adisasmito

Pilkada tahun ini akan menentukan arah ketahanan kesehatan serta pemulihan masing-masing daerah di tengah pandemi.

JAKARTA - Besok, Rabu (9/12/2020), nasib warga lima tahun ke depan ditentukan. Bingung memilih? Ini ada petunjuk dari juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

Prof Wiku, sapaannya, menyampaikan empat pesan penting jelang pemungutan suara.

Pertama, dia mengingatkan masyarakat sebagai pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing-masing daerah bangkit dari Covid-19.

Baca Juga : 

"Pilihlah pemimpin yang menaati aturan-aturan terkait protokol kesehatan saat berkampanye, karena dapat menjadi cerminan tanggung jawab pemimpin ke depannya," kata Prof Wiku, Kamis (3/12/2020) lalu.

Pesan itu disampaikan dalam keterangan pers tentang perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurutnya, pilkada tahun ini akan menentukan arah ketahanan kesehatan serta pemulihan masing-masing daerah di tengah pandemi.

 

"Saya berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya memiliki pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi," lanjut dia.

Dalam konteks Pilkada Makassar, pasangan yang menunjukkan aksi nyata perang melawan Covid-19 adalah Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Bayangkan, pasangan yang diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo serta didukung PSI ini telah membagikan empat juta masker. Angka itu tiga kali lipat dari jumlah penduduk Kota Makassar.

Gerakan bagi-bagi masker Appi-Rahman ini sudah dilakukan sejak deklarasi. Ini merupakan wujud kepedulian paslon nomor urut 2 tersebut dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di Makassar.

Aksi bagi-bagi masker itu diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menurunkan angka Covid-19. Pasangan Appi-Rahman bertekad mengembalikan Makassar ke zona hijau dalam 100 hari pemerintahannya kelak.

Pasangan Appi-Rahman memberi prioritas pada penanganan Covid-19 sebab berdampak serius pada perekonomian. Jika Covid-19 bisa ditekan, maka perekonomian warga bisa bangkit kembali.

"Program Duta Sehat Covid-19 Appi-Rahman adalah sebuah pesan kepada publik bahwa mereka (Appi-Rahman) menempatkan keselamatan warga di atas dari hanya sekadar merebut kekuasaan," sebut Direktur MDI, Andi Taufiq Aris.

#Pilkada Makassar #appi-rahman