Jumat, 04 Desember 2020 01:02

Fitnah dan Tuduhan Kemusyrikan kepada Danny Pomanto, Ustaz Ije Ingatkan Ini

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mohammad Ramadhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi.
Mohammad Ramadhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi.

Serangkaian fitnah keji terhadap Danny tersebut jadi perhatian pemuka agama Kota Makassar, Muhammad Iqbal Djalil. Menurutnya, sebagai pemimpin berinteraksi dengan semua pihak adalah sebuah keharusan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fitnah dan kabar hoaks tak henti-hentinya menyerang calon Wali Kota Makassar nomor urut satu, Moh Ramdhan Pomanto. Sejumlah oknum tak bertanggung jawab menyebarkan isu SARA secara masif.

Kali ini, fitnah keji berupa tudingan kesyirikan dialamatkan ke Danny. Alasannya, Danny yang pada Pilkada Makassar 2020 itu berpasangan dengan Fatmawati Rusdi menghadiri undangan dalam sebuah acara yang diadakan Gerakan Masyarakat Sanata Dharma Nusantara (Gema Sadhana). Acara tersebut digelar di Sungai Jeneberang, Kecamatan Tamalate, Makassar, Rabu (2/12/2020) kemarin.

Sebuah gambar pun beredar, bertuliskan seruan untuk tidak memilih pemimpin musyrik, ditambah dengan sebuah link berita sebagai penguat tudingannya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Apresiasi Haters dalam Pengawalan Pemerintahan ADAMA

Bukan hanya itu, Danny juga difitnah bahwa seolah-olah dizalimi. Bahkan oknum pendukung kandidat lain mengunggah sebuah kata-kata ke grup WA yang menyerang Danny tanpa dasar. Menuding bahwa selebaran mengandung SARA yang beredar adalah kerjaan tim Danny-Fatma. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Serangkaian fitnah keji terhadap Danny tersebut jadi perhatian pemuka agama Kota Makassar, Muhammad Iqbal Djalil. Menurutnya, sebagai pemimpin berinteraksi dengan semua pihak adalah sebuah keharusan.

"Sebagai umat Islam, sebelum, dan saat, serta setelah menjabat sebagai Wali Kota Makassar, Bapak Danny Pomanto banyak bercengkerama dan berkomunikasi dengan para alim ulama dan para ustaz. Tentu beliau sudah sangat paham tentang wilayah akidah dan muamalah atau berkaitan dengan interaksi dengan semua pihak," kata Ustaz Ije, panggilan karibnya, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga : Isi Akhir Pekan di Pagi Hari, Danny-Fatma Kompak Gowes hingga Bantimurung

"Tentu sebuah kehormatan bagi Bapak Danny Pomanto. Apalagi beliau diundang dan didaulat melepas sejumlah bibit ikan, dengan harapan dapat menjaga ekosistem kawasan, sehingga masyarakat nantinya bisa menikmati bibit ikan itu. Niat dan ikhtiarnya sampai di situ," tambah pimpinan Pondok Pesantren Darul Aman Gombara itu.

Menurut Ustaz Ije, Danny adalah sosok yang pernah dan akan kembali menjadi pemimpin bagi semua kelompok di Kota Makassar. Sehingga tidak boleh ada penolakan ataupun kecenderungan hanya pada satu kelompok semata.

"Nilai-nilai toleransi yang tinggi dalam beragama di tengah masyarakat semestinya tetap dikedepankan. Kami pun sebagai pihak yang menjadi bagian dari Pak Danny Pomanto tentu akan mengingatkan tentang wilayah akidah dan muamalah tersebut," jelas mantan anggota DPRD Kota Makassar dua periode itu.

Baca Juga : Diwarnai Isak Tangis, Pidato Kerakyatan Danny-Fatma: Pilkada Sudah Lewat, Saatnya Bersatu Membangun Makassar

Menurut Ustaz Ije, menghukum orang dengan tuduhan kemusyrikan tentu harus menggunakan dalil. Sehingga jika ada pihak yang asal menuduh, tuduhan itu bisa saja kembali kepadanya.

"Makanya saya meminta kepada semua pasangan calon beserta dengan pendukung dan simpatisannya agar berkompetisi secara sehat dalam Pilkada Makassar ini. Jangan melakukan cara-cara kotor, picik, dan tidak elegan, hingga menghalalkan semua cara untuk mencapai kemenangan, sebab tentu hal itu jauh dari keberkahan," demikian founder Ije Squad itu.

#Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi #Pilkada Makassar 2020