Jumat, 04 Desember 2020 13:02

Masyarakat Tak Perlu Khawatir dengan Vaksin Covid-19, Izin Edar BPOM Jadi Jaminan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masyarakat Tak Perlu Khawatir dengan Vaksin Covid-19, Izin Edar BPOM Jadi Jaminan

Selain dari sisi kesiapan pemerintah, masyarakat juga perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan saat vaksin datang.

RAKYATKU.COM -- Program vaksinasi semakin dekat. Berbagai persiapan sudah dilakukan. Mulai dari meninjau langsung fasilitas produksi vaksin di Tiongkok.

Selain itu, juga sudah dilakukan uji klinik fase III di kota Bandung terhadap 1620 relawan, hingga menyiapkan sistem satu data terintegrasi, guna memastikan kelancaran dan ketepatan sasaran vaksinasi nantinya.

Kementerian Kesehatan juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan, dan vaksinator untu mempersiapkan program vaksinasi.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat Lagi, Kini Total 6.080.451

Selain dari sisi kesiapan pemerintah, masyarakat juga perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan saat vaksin datang.

Vaksinolog, dr Dirga Sakti Rambe MSc, SpPD menjelaskan, yang pertama perlu diketahui adalah vaksin itu produk biologis yang sangat rentan pada perubahan suhu.

Umumnya perlu disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius. Suhu ini harus dijaga dari pabrik sampai ke puskesmas. Ini yang disebut cold chain atau rantai dingin.

Baca Juga : Aturan Mudik Lebaran: Wajib Pakai Masker Tiga Lapis, Dilarang Teleponan

Kedua, Indonesia punya BUMN farmasi yang terpercaya, Bio Farma yang sudah memproduksi vaksin untuk diekspor ke 106 negara lebih dan sudah diakui WHO.

"Ini tugas kita bersama untuk menjaga cold chain," katanya dalam dialog produktif bertema "Setelah Vaksin Datang, Apa yang Perlu Disiapkan?". Dialog ini diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (30/11/2020).

Sembari menunggu proses kedatangan dan vaksinasi nanti, dr Dirga mengimbau kepada masyarakat agar perlu mengetahui informasi yang benar terkait vaksin.

Baca Juga : Satgas COVID-19: Buka Puasa Bersama Boleh, tetapi Jangan Mengobrol

Informasi yang benar dan terpercaya memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat dan mengurangi keresahan dan keraguan yang timbul dari penyebaran informasi hoaks terkait vaksin.

"Sekarang banyak sekali informasi yang tidak benar. Kedua, vaksin apa pun yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah dipastikan efektivitas dan keamanannya," terang dr Dirga.

#Satgas Covid-19