Selasa, 01 Desember 2020 08:02

Blak-blakan Komisioner KPU Makassar: Polisi yang Minta Debat Ketiga di Jakarta atau Ditiadakan Saja

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Endang Sari
Endang Sari

Polisi sempat meminta agar debat ketiga ini ditiadakan saja dengan alasan pandemi corona.

RAKYATKU.COM - Debat publik ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar kembali digelar di Jakarta. Dijadwalkan berlangsung pada Jumat (4/11/2020).

Dua kali debat publik sebelumnya juga digelar di Jakarta. Debat pertama digelar di studio Kompas TV Jakarta pada Sabtu 7 November 2020. Kemudian debat kedua digelar di studio iNews TV Jakarta, Selasa 24 November 2020.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, dengan sangat terpaksa debat terakhir kembali digelar di Jakarta. Padahal, awalnya KPU berharap debat pamungkas digelar di Makassar.

Baca Juga : Keluarga Penyelenggara Adhoc yang Meninggal Dapat Santunan Rp36 Juta, Sakit Berat Rp16,5 Juta

"Polrestabes (Makassar) tetap merekomendasikan agar debat dilaksanakan di luar Makassar," kata Endang, Senin malam (30/11/2020).

Polrestabes Makassar, kata Endang, tidak merekomendasikan kegiatan debat ketiga dilaksanakan di Makassar karena pertimbangan keamanan dan juga protokol Covid-19. Bahkan, polisi minta agar debat ketiga ini ditiadakan saja dengan alasan pandemi corona.

 

"Kami diberikan alternatif oleh polisi, jika debat ditiadakan saja. Tapi kami rasa debat publik ini harus dilaksanakan. Debat publik sangat penting," tambah Endang.

Baca Juga : Bersisa, KPU Makassar Kembalikan Dana Rp18,4 Miliar ke Kas Daerah

Endang menyebut, komisioner sebenarnya berat kalau debat ketiga digelar di Jakarta. Sebab, jadwal debat terakhir sangat mepet dengan hari H pencoblosan. Masih banyak hal yang harus dilakukan KPU selaku penyelenggara pemilihan wali kota Makassar.

"Agak berat bagi kami untuk meninggalkan Makassar saat hari pemilihan tersisa beberapa hari lagi karena ada persiapan hari H yang sangat krusial. Banyak yang harus dilakukan seperti distribusi logistik, bimtek KPPS, data pemilih, kesiapan SDM, serta persiapan laporan dana kampanye yang harus fokus kami kawal di Makassar," jelasnya.

Karena tidak ada alternatif lain dari polisi, sehingga debat akan tetap dilaksanakan di Jakarta. Polrestabes Makassar juga telah berjanji akan memback-up penuh perhelatan debat ketiga ini di Jakarta. Hanya saja waktu debat akan berbeda dengan dua debat sebelumnya.

Baca Juga : Evaluasi Pelaksanaan E-Coklit, Anggota KPU RI Berkunjung ke Makassar

"Debat nantinya bukan lagi dilaksanakan malam hari tetapi kami usahakan siang. Setelah rangkaian debat, kami bisa langsung terbang ke Makassar," kata Endang.

Penulis : Syukur
#Pilkada Makassar #kpu makassar