Senin, 30 November 2020 14:02

Upaya Sterilisasi sebelum Sekolah Tatap Muka, Disdik Sulsel Punya Program Swab Massal bagi Guru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Program ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel sebagai langkah untuk memastikan seluruh guru se-Sulsel sehat dan aman bagi anak-anak didik.
Program ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel sebagai langkah untuk memastikan seluruh guru se-Sulsel sehat dan aman bagi anak-anak didik.

"Hari ini kita akan mulai launching swab kepada seluruh sekolah dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel. Itu untuk membuktikan bahwa kita betul-betul meyakinkan anak-anak kita, bahwa guru-guru kita itu sehat, termasuk juga orang tua, karena kita tahu orang tua punya kekhawatiran yang luar biasa," kata Nurdin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, meresmikan program swab massal untuk guru se-Sulsel. Gerakan ini diklaim yang pertama di Indonesia.

Program ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel sebagai langkah untuk memastikan seluruh guru se-Sulsel sehat dan aman bagi anak-anak didik. Apalagi, sekolah tatap muka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dimulai pada Januari 2021 mendatang.

"Hari ini kita akan mulai launching swab kepada seluruh sekolah dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel. Itu untuk membuktikan bahwa kita betul-betul meyakinkan anak-anak kita, bahwa guru-guru kita itu sehat, termasuk juga orang tua, karena kita tahu orang tua punya kekhawatiran yang luar biasa," kata Nurdin di Hotel Gammara, Senin (30/11/2020).

Baca Juga : 

Tak hanya Disdik Sulsel, juga melibatkan Dinas Kesehatan Sulsel, kabupaten kota se-Sulsel, dan seluruh Forkopimda.

"Kami bersama seluruh Forkopimda yang ada mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab test PCR, untuk memastikan bahwa guru-guru kita sehat, karena ini akan menghadapi anak-anak kita," ungkapnya.

Selain itu, swab test PCR ini juga merupakan salah satu persiapan berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia. 

 

"Menteri Pendidikan meminta kepada kita untuk menyiapkan sekolah tatap muka di Bulan Januari," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, menambahkan, launching swab test masif ini merupakan langkah Dinas Pendidikan Sulsel untuk memastikan tenaga pengajar aman dari virus corona. 

Untuk jumlah total guru yang di-swab akan segera didata dan jadwal pelaksanaan swab akan dikoordinasikan dengan Dinkes Sulsel. 

"Kita meresmikan swab masif untuk guru-guru di sekolah dan untuk memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka," tutupnya. 

Hadir pada acara ini, KA SPN Batua, Pangdam Hasanuddin, perwakilan Kejati Sulsel, Dirut Perseroda Sulsel, Kadis Pendidikan Sulsel, Rektor UNM, Rektor UIN Alauddin, dan seluruh stakeholder terkait.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Corona Sulsel #Satgas Covid-19