Minggu, 29 November 2020 15:05

Manfaatkan Lahan Tidur, Pemda-Karang Taruna Kecamatan Barru Tanam Porang

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Manfaatkan Lahan Tidur, Pemda-Karang Taruna Kecamatan Barru Tanam Porang

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

RAKYATKU.COM, BARRU - Tanaman porang di Kabupaten Barru mulai dikembangkan banyak pihak. Termasuk di kalangan organisasi masyarakat, kelompok tani hingga anak muda.

Jumat (28/11/2020) kemarin, Pemda Barru melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Abustan AB melakukan tanam perdana porang di kebun yang digarap oleh oraganisasi Karang Taruna Kecamatan Barru, di Dusun Birue, Desa Siawung, Kecamatan Barru.

Ditempat itu pula, Abustan memberikan sosialisasi pengetahuan tentang porang kepada masyarakat sekitar yang hadir.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

"Apa yang dilakukan Karang Taruna hari ini saya sangat bahagia dan apresiasi," kata Sekda Barru dalam sambutannya disela-sela acara penanaman dan sosialisasi porang.

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri sakura, Jepang.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Jika panen porang berhasil, maka potensi masyarakat mendapat nilai tambah ekonomi. Untuk hal itu Abustan, mengajak masyarakat untuk menanam porang. Karena hasilnya dinilai menjanjikan.

Saat ini di Kabupaten Barru jumlah lahan tidur mencapai 10.000 hektar sehingga masyarakat bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian.

"Silahkan masyarakat bertani apa saja yang bisa ditanam untuk memanfaatkan lahan tidur tersebut, termasuk porang," ajak Abustan.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Dirinya menambahkan, untuk mendukung kegiatan pertanian/perkebunan tahun depan semua PPL akan diupayakan dan disiapkan alat pengukur tanah.

Fasilitas ini akan disiapkan untuk mengukur tanah agar dapat menentukan layak atau tidaknya tanah bisa ditanami tanaman tersebut.

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Barru menyiapkan kurang lebih 1,5 hektar lahan untuk ditanami porang.

Baca Juga : 145 ASN PPPK Pemkab Barru Teken Perjanjian Kerja

"Kami ada 1,5 Hektare lahan untuk budidaya porang. semua tersebar diwilayah Kecamatan Barru. Insyaallah hingga Desember ini kita siap tanam," kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Barru Asriadi Rijal.

Ia menyebut, komitmen ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi pemuda dalam bidang pertanian. Hal serupa, kata dia, untuk meyakinkan masyarakat jika keseriusan karang taruna kecamatan Barru tidak sekadar teori semata.

"Tujuan kami tentu mengajak teman-teman pemuda untuk bisa turut andil memajukan Barru dalam bidang pertanian, kami juga tidak sekadar mengajak masyarakat tapi kami mengelola lahan sendiri khusus untuk porang ini," jelas Asriadi.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

Tambah dia, motivasi besar dalam gagasannya mengembangkan pertanian ini akan dikembangkan dalam lingkup pemuda karena ia melihat banyaknya lahan kosong yang ada dan tidak termanfaatkan dengan baik.

"Kami banyak mendorong teman-teman yang punya lahan kebun lalu tak bermanfaat. Sehingga kami mengajak mereka untuk manfaatkan lahannya dalam budidaya porang, bahkan kalau bisa semua jenis pertanian kita tanami agar lahan kosong ini bisa lebih berguna. Kita mesti ambil bagian, pemuda harus bisa jadi petani yang meningkatkan nilai ekonomi keluarga," harapnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru