Sabtu, 28 November 2020 10:26

UMKM Online Tawarkan Berbagai Produk Oleh-Oleh Khas Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Medium)
Ilustrasi. (Foto: Medium)

Bagi Anda yang berencana memberikan oleh-oleh cendera mata untuk teman-teman dari luar negeri? Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh lokal terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

RAKYATKU.COM - Industri oleh-oleh merupakan salah satu bisnis yang cukup booming di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Sehingga, tak mengherankan jika cukup banyak masyarakat yang memulai usaha UMKM dengan menjual berbagai macam produk oleh-oleh khas Nusantara. Bahkan, saat ini Anda dapat berbelanja berbagai macam produk kerajinan dan jajanan lokal lewat UMKM online.

Bagi Anda yang berencana memberikan oleh-oleh cendera mata untuk teman-teman dari luar negeri? Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh lokal terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Baca Juga : Melalui Aplikasi Omnix Commerce Telkom Bantu UMKM Kelola Sistem Marketplace

Oleh-Oleh Kerajinan Khas Indonesia
Indonesia dikenal dengan keterampilan masyarakatnya dalam berkreasi menggunakan objek-objek dari alam. Tak heran, Anda akan dibuat terkesima dengan berbagai macam kerajinan pahatan, kerajinan kain lukis, hingga bentuk kerajinan lokal lainnya. Berikut adalah berbagai variasi oleh-oleh kerajinan khas Nusantara yang dapat Anda berikan sebagai kenang-kenangan.

1. Batik
Kain batik merupakan salah satu kerajinan kain lukis yang sangat khas di Indonesia. Pola-pola yang sangat rumit di kain tersebut dilukis dengan menggunakan bahan lilin yang dicairkan. Lilin panas tersebut dituangkan ke dalam canting, dan dari situlah para perajin melukis motif batik yang sudah digambar di atas sehelai kain mori.

Proses melukis di kain batik tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama. Anda juga harus memiliki kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi untuk melukisnya. Tak heran, jika di masa kerajaan Majapahit, hanya kaum bangsawan saja yang bisa mengenakan kain tersebut.

Baca Juga : Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Kain batik pun diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Pengukuhan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2009. Dengan itu, maka secara resmi Indonesia dapat membanggakan kain batik sebagai kerajinan kain yang paling ikonik. Memberikan kain batik sebagai oleh-oleh untuk teman Anda tentunya dapat menjadi ide hadiah yang berkesan.

2. Miniatur
Produk oleh-oleh lokal khas Indonesia lainnya adalah miniatur. Miniatur merupakan benda yang dibuat sangat mirip dengan objek-objek tertentu. Bedanya, miniatur tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil. Di Indonesia, miniatur umumnya terbuat dari material kayu yang diukir dan dibentuk menjadi kendaraan atau objek bangunan tertentu.

Beberapa bahkan dapat membuat miniatur yang terbuat dari bahan perak dan lain sebagainya. Detail dari miniatur tersebut akan menentukan harganya. Semakin detail miniatur tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya. Material yang digunakan dan kerumitan proses pembuatannya juga sangat mempengaruhi hal tersebut.

Baca Juga : Begini Kata Kepala OJK Sulselbar Darwisman tentang Pengelolaan Keuangan UMKM

Misalnya, miniatur yang terbuat dari kayu biasa tentunya memiliki harga yang jauh berbeda dibandingkan miniatur yang terbuat dari bahan kayu mahoni. Tak hanya menarik untuk dibuat sebagai oleh-oleh, miniatur juga sangat menarik untuk dikoleksi.

3. Kain Tenun
Kain batik bukanlah satu-satunya kerajinan kain yang populer di Indonesia. Indonesia juga sangat membanggakan produksi kain tenunnya. Apabila kain batik berasal dari Jawa, maka kain tenun berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Uniknya, masing-masing daerah di NTT memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk kerajinan kain tenunnya.

Misalnya, kota Palembang memiliki jenis kain tenun songket yang tenryata sudah ada sejak era Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Minangkabau terkenal dengan produk kain tenun pandai sikeknya. Dibawa oleh perantau, variasi kain tenun di Indonesia pun menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Motif kain tenun pun menjadi semakin beragam.

Baca Juga : Berdayakan Puluhan Ribu UMKM, IDE by Indosat Business Optimalkan Platform Digital

Anda dapat membeli kerajinan kain tenun torso yang dibuat oleh para perajin dari Jepara. Bali juga memiliki kerajinan kain tenun khas daerahnya sendiri, yaitu kain tenun grising. Kain tenun bisa menjadi kado oleh-oleh yang berkesan untuk teman-teman.

4. Wayang Kulit
Bagi masyarakat Jawa, wayang kulit merupakan bentuk kerajinan tangan yang memiliki nilai filosofi. Dibawakan dan dipopulerkan oleh Wali Songo, wayang merupakan sebuah kesenian tradisional yang awalnya digunakan untuk menyebarkan ajaran agama Islam ke tengah-tengah masyarakat.

Di beberapa daerah, seperti di pulau Bali, wayang digunakan untuk menceritakan tentang kisah-kisah di dalam kitab Mahabrata dan Ramayana. Keanekaragaman cerita tersebut tentunya jadi salah satu daya tarik dari seni kerajinan dan kesenian ini. UNESCO pun mengakui bahwa kerajinan wayang merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Hal tersebut dideklarasikan pada tanggal 7 November 2003. Hingga saat ini, wayang kulit menjadi salah satu seni kerajinan boneka yang banyak dicari-cari. Banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang memburu produk wayang kulit untuk dijadikan sebagai koleksi. Wayang kulit memang memiliki nilai estetika yang sangat indah. Sehingga, tak mengherankan jika kerajinan boneka dari kulit ini menjadi salah satu hal yang sangat dibanggakan rakyat Indonesia.

5. Kerajinan Manik-Manik
Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia, Pulau Bali tentunya menawarkan berbagai produk kerajinan lokal untuk diborong wisatawan.

Salah satunya, adalah seni kerajinan manik-manik. Bukan seni merangkai manik-manik yang biasa, kerajinan seni di Bali ini menawarkan berbagai macam produk aksesoris berhiaskan manik-manik yang sangat elegan. Bahkan, Anda dapat menemukan produk aksesoris manik-manik yang memiliki motif menarik dan unik. Anda bisa membelikan produk kerajinan manik-manik dari Bali sebagai oleh-oleh yang tak terlupakan untuk keluarga dan teman-teman.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

6. Kerajinan Perak
Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan cemilan khasnya. Daerah istimewa di Jawa Tengah ini juga sangat populer dengan kerajinan perak. Pusat kerajinan perak di Yogyakarta terletak di Kota Gede.

Di sana, Anda dapat menemukan toko yang menjual berbagai macam miniatur dan perhiasan mewah yang terbuat dari perak asli. Ini tentunya bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang sempurna untuk teman-teman atau anggota keluarga Anda.

Oleh-Oleh Makanan & Minuman Khas Indonesia
Tidak hanya kaya akan berbagai produk kerajinan, Indonesia juga memiliki variasi hidangan kuliner khas yang beragam. Menghadiahkan cemilan khas daerah di Indonesia saat aktivitas berkumpul bersama teman-teman atau keluarga tentunya akan membuat suasana menjadi semakin hidup.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Berikut adalah berbagai rekomendasi kuliner khas nusantara yang perlu untuk dicoba.

1. Pisang Goroho
Salah satu oleh-oleh kuliner unik yang wajib Anda beli adalah produk pisang goroho dari Manado. Sekilas, cemilan ini memang terlihat seperti hidangan olahan pisang biasa. Namun, masyarakat Manado memiliki cara yang sangat unik untuk menikmati sajian pisang goroho tersebut. Pisang goroho menggunakan bahan pisang khas dari daerah Sulawesi Utara. Pisang tersebut diolah dengan cara dikukus atau digoreng.

Setelah itu, masyarakat sekitar menikmati pisang tersebut dengan cara dicocolkan pada sambal. Pisang goroho juga tersedia dalam bentuk keripik pisang. Sehingga, Anda dapat mengirimkannya kepada saudara atau teman-teman yang berada di luar kota atau di luar negeri dengan aman.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

2. Kue Bingka
Kue bingka merupakan hidangan oleh-oleh khas Pontianak yang sangat wajib untuk Anda coba. Kue tersebut memiliki citarasa yang manis dan memanjakan lidah Anda.

Teksturnya pun sangat lembut dan lumer di mulut. Tak heran jika kue ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Pontianak yang paling banyak dicari. Di daerah Pontianak, kue bingka ini menjadi sajian yang biasa disajikan di acara-acara yang bersifat istimewa.Contohnya, seperti acara pernikahan atau upacara adat.

Di bulan Ramadan pun, kue bingka juga laris manis untuk disajikan sebagai snack berbuka puasa. Kue bingka ini umumnya dijual dalam bentuk bunga berukuran besar.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

3. Pie Susu
Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja produk cemilan pie susu. Pie ini memiliki bentuk berupa pie mini yang di tengah-tengahnya diisi dengan saus pie dengan citarasa susu yang sangat khas.

Anda akan sangat menikmati sensasi rasa kulit pie yang renyah dan berpadu sempurna dengan lembutnya saus pie. Hidangan ini sangatlah cocok untuk dihidangkan sebagai teman minum teh atau saat ngopi bersama dengan teman-teman.

Tidak hanya hadir dengan varian rasa susu original, beberapa toko yang menjual pie susu ini umumnya menawarkan berbagai inovasi rasa. Anda juga dapat menikmati kelezatan pie susu bali dengan taburan keju yang gurih, varian rasa cokelat yang legit, hingga varian kacang hijau yang unik. Beberapa toko bahkan menawarkan varian rasa strawberry, pandan, mocca, hingga pie dengan taburan kacang yang lezat.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

4. Bika Ambon
Bika ambon merupakan oleh-oleh khas Medan yang memiliki citarasa manis nan kenyal. Dari segi penampilan, bika ambon memang memiliki sedikit kemiripan dengan jenis kue bingka. Walaupun tekstur dari bika ambon lebih kenyal dengan penampilan berongga yang khas. Hal ini dikarenakan pembuatan bika ambon memang terinspirasi dari jajanan khas kota Pontianak tersebut.

Asal-muasal jajanan oleh-oleh ini diberi nama bika ambon adalah karena toko yang menjualnya berada di persimpangan Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Tentunya, Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk bercerita tentang asal-usul kue yang unik ini saat memberikannya pada teman atau keluarga.

5. Abon Gulung
Hidangan oleh-oleh lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh yang berkesan adalah abon gulung. Jajanan tersebut terbuat dari roti yang digulung dengan isian abon di dalamnya. Dibandingkan dengan roti abon pada umumnya, abon gulung memang jauh lebih populer.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Hal tersebut dikarenakan hidangan ini memiliki isian abon yang sangat tebal. Sehingga, Anda akan dimanjakan dengan citarasa abon daging yang sangat gurih dan membuat ketagihan.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, oleh-oleh khas Manokwari ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Dengan memakan satu potong abon gulung, Anda akan mendapatkan manfaat dari protein, fosfor, kalsium, dan kandungan vitamin lainnya. Abon gulung akan terasa semakin mantap jika dinikmati bersama dengan secangkir teh hangat.

6. Telur Asin
Telur asin merupakan telur bebek yang difermentasikan di dalam adonan bata dan garam dan didiamkan selama beberapa hari. Setelah dipanen, telur tersebut memiliki citarasa telur bebek yang gurih dan asin. Di pulau Jawa, telur asin seringkali dihidangkan sebagai hidangan pelengkap untuk menu rawon. Beberapa orang juga gemar menyajikan telur asing dengan hidangan lauk-pauk lainnya.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Anda dapat menemukan telur asin dengan mudah di Pulau Jawa. Namun, Brebes merupakan kota yang dikenal sebagai produsen telur asin terbesar di Indonesia.

Demikianlah beberapa rekomendasi produk oleh-oleh yang bisa Anda beli lewat UMKM online. Dengan berbelanja di UMKM, maka Anda turut berkontribusi menggerakkan ekonomi masyarakat menengah. Tertarik untuk membeli produk oleh-oleh di atas?

#umkm #UKKM Online