Jumat, 27 November 2020 11:01

Jadikan Kantor Camat Tempat Pengurusan KTP, Gubernur Jempol Pj Wali Kota Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nurdin Abdullah.
Nurdin Abdullah.

"Kita perlu apresiasi langkah Pj Wali Kota Makassar yang menjadikan kantor-kantor camat sebagai tempat pengurusan KTP. Apalagi, di tengah banyaknya keluhan masyarakat mengurus persuratan di Kantor Dinas Dukcapil Makassar," kata Nurdin Abdullah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengapresiasi langkah Pj Wali Kota Makassar dalam memperbaiki sistem pelayanan KTP. Tak lagi berpusat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Makassar, kini pembagian KTP dikembalikan ke kecamatan.

"Kita perlu apresiasi langkah Pj Wali Kota Makassar yang menjadikan kantor-kantor camat sebagai tempat pengurusan KTP. Apalagi, di tengah banyaknya keluhan masyarakat mengurus persuratan di Kantor Dinas Dukcapil Makassar," kata Nurdin di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/11/2020).

Nurdin berharap, kantor-kantor pelayanan publik dapat melakukan langkah-langkah serupa. Tujuannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Yang penting juga jangan sampai ada praktek pungli dan membiarkan adanya calo,” tegasnya.

Baca Juga : 

Sekadar diketahui, Pj Wali Kota Makssar, Rudy Djamaluddin, telah berkunjung ke kantor Dinas Dukcapil Makassar untuk melihat bagaimana pelayanan KTP. Banyak keluhan warga yang diterimanya. Misalnya, warga kesulitan untuk datang mengurus surat-surat kependudukan dikarenakan jarak ke kantor Dinas Dukcapil jauh dengan cakupan seluruh wilayah kota Makassar yang begitu luas.

“Ternyata ada penumpukan warga, karena mereka harus antre mengambil KTP. Makanya diputuskan, pembagian KTP dikembalikan lagi ke kecamatan supaya warga tidak lagi antri mengambil KTP-nya,” jelas Rudy.

“Jika perlu warga yang KTP sudah jadi tidak usah datang ke kantor camat atau kelurahan KTP-nya dapat diantarkan langsung ke rumah warga yang bersangkutan,” sambungnya.

#Nurdin Abdullah #Pemprov Sulsel #pemkot makassar