Rabu, 25 November 2020 21:02

Kalla Kars Luncurkan Jeep JL; Tetap Tangguh, Makin Stylish

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran Jeep JL yang berlangsung di Gastros Nipah Mall, Rabu malam (25/11/2020).
Peluncuran Jeep JL yang berlangsung di Gastros Nipah Mall, Rabu malam (25/11/2020).

“JL juga dilengkapi teknologi ESS (Engine Start Stop) yang membuat mesin mobil off saat langsam. ESS on kembali saat pedal gas diinjak atau pedal rem diangkat,” beber Fery Irawan, COO Kalla Kars yang merupakan diler resmi Jeep wilayah Sulawesi saat peluncuran yang berlangsung di Gastros Nipah Mall, Rabu malam (25/11/2020).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Generasi baru Jeep, JL, akhirnya mengaspal di Kota Makassar, setelah melalui proses distribusi sejak awal Juli lalu. Desain mobil SUV High asal Negeri Paman Sam ini sudah sangat modern. Lebih komplet fitur dan teknologi mutakhir.

Kecanggihan Jeep JL dimulai dari hadirnya fitur tombol start/stop engine. Sedangkan di Jeep generasi sebelumnya, JK, dioperasikan dengan manual key.

“JL juga dilengkapi teknologi ESS (Engine Start Stop) yang membuat mesin mobil off saat langsam. ESS on kembali saat pedal gas diinjak atau pedal rem diangkat,” beber Fery Irawan, COO Kalla Kars yang merupakan diler resmi Jeep wilayah Sulawesi saat peluncuran yang berlangsung di Gastros Nipah Mall, Rabu malam (25/11/2020).

Baca Juga : Kalla Kars Tetap Hadir Melayani Selama Libur Lebaran

Teknologi canggih pada JL ini juga terdapat pada bagian belakangnya. Terpasang kamera pantau belakang yang memiliki resolusi tinggi. Selain itu, sensor parkir juga terpasang di pojok bumper belakang. 

“Tangkapan gambar kameranya dilengkapi grid line yang dapat menyesuaikan saat setir diputar, grid line ini juga berfungsi sebagai sensor parkir. Fitur ini adalah salah satu fitur yang melengkapi seri Wrangler sebelumnya,” kata Fery.

Kemudian, lanjut dia, Uconnect layar sentuh juga tampil lebih besar dengan ukuran 8.4 inci yang menyempurnakan seri sebelumnya berukuran 6.4 inci. Lengkap pula dengan fitur adaptive map dan navigasi detail untuk seluruh kota Indonesia.

Baca Juga : Lengkapi Kenyamanan Pengguna Jeep, Kalla Kars sediakan Electric Foot Step

“Uconnect memiliki fitur mirroring smartphone yang compatible dengan Android dan Apple. Sistem pengoperasian layar sentuhnya sudah tip and slide,” imbuhnya.

Di bagian eksterior, perubahan paling mencolok tampak pada bagian depan mobil. Grill paling luarnya sekarang bersinggungan dengan lampu depan. Desain ini menjadikan JL tampil makin kokoh dan apik. “Desain grill ini terinspirasi dari CJ7 series,” sebut Fery.

Dia melanjutkan, perubahan juga terjadi pada headlamp yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Begitu pun dengan lampu senjanya. Dengan teknologi LED, pencahayaan makin optimal meningkatkan control driver serta keamanan bagi pengendaranya.

Baca Juga : Kalla Kars Hadirkan Solusi Servis dan Perawatan Mobil Premium Berbagai Merek

“Bagian yang menarik perhatian juga adalah posisi lampu senja JL yang terpasang di fender. Berdampingan dengan lampu sein tepat di bawah headlamp. Desain lampu senja ini turut menyempurnakan JL di sektor eksterior depan,” jelasnya.

Perbedaan selanjutnya, pada posisi kaca depan yang tampak dimiringkan 5 derajat, sedikit lebih landai dari Wrangler seri sebelumnya yang lebih flat. “Desain ini untuk menambah nilai aerodinamika dan mereduksi noise terpaan angin,” ungkap Fery.

Tiang kaca depan, lanjut Fery, juga kini semakin mudah terlipat lantaran hanya memakai 4 baut yang sebelumnya menggunakan lebih banyak baut. “Jadi, saat kaca dilipat pun, spion tengah tak perlu lagi dicopot. Tetap pada posisinya,” ujarnya.

Baca Juga : Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional dan Siapkan Berbagai Promo Servis Gratis

Secara umum, tampilan eksterior Jeep JL tak banyak berubah secara signifikan. Perubahan yang paling mengagumkan memang terletak pada tambahan fitur dan teknologinya.

Owner Garage Jeep Makassar, Alan Nisar, mengungkapkan, konsep modifikasi Jeep JK pun dapat diterapkan pada Jeep generasi baru ini. Tampilannya tetap stylish.

Ia mencontohkan dengan konsep Xtreme Offroad Jeep JK yang dimilikinya. “Misal, custom part pada bumper. Kita pakai front dan rear bumper Anniversary 10th MOPAR USA. Jadi, kalau Anda sudah memiliki Jeep JL, tak perlu bingung jika ingin memodifikasinya,” ungkapnya. 

Baca Juga : Kalla Kars Hadirkan Berbagai Promo Servis Gratis

Saat diwawancarai terpisah, After Sales Manager Kalla Kars, Muh Abduh, menjelaskan terkait sektor mesin. Soal ketangguhan Jeep JL, kata dia, jangan diragukan lagi. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 270 dk pada 5.250 rpm dan torsi 400 Nm pada 3.000 rpm.

Tipe mesin yang digunakan pun lebih kompak, yakni 2.0L dilengkapi Turbo. Adapun kapasitasnya, 1.995 cc. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Jeep generasi sebelumnya menggunakan mesin 3.0L Pentastar V6. Kapasitasnya 3.000 cc (premium) dan 2.800 cc (diesel), tenaga maksimal 230 dk pada 6.350 rpm dan torsi maksimal 285 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 5-percepatan.

Baca Juga : Kalla Kars Hadirkan Berbagai Promo Servis Gratis

“Jadi, walau kapasitas size mesin menurun, tetapi tenaga yang dihasilkan dari mesin 2.0L Turbo ini justru meningkat,” ungkap Abduh.

Ada sembilan varian warna yang ditawarkan pada Jeep JL, yakni black, hella yella, bright white, sting gray, granite crystal, punk’n metallic, ocean blue metallic, bikini clearcoat, dan firecracker red. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi langsung showroom Kalla Kars yang berlokasi di Jl Ahmad Yani No. 15 dan Garage Nipah Mal Makassar. Kami juga memiliki showroom yang tersebar di kota lain, yakni Kendari, Palu, dan Manado.

Varian JL tersedia dalam tiga kelas pilihan yakni Wrangler Sport, Sahara, dan Rubicon dengan pilihan dua atau empat pintu.

#Jeep JL #Kalla Kars