Selasa, 24 November 2020 15:10

Satu-satunya Cabup Perempuan, Anir Jadi Inspirasi Emak-emak

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Satu-satunya Cabup Perempuan, Anir Jadi Inspirasi Emak-emak

Anir dianggap sukses di dunia politik, berpendidikan serta pengusaha sukses.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Tokoh perempuan asal Kampung Bantilang, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Wahidah menyebut calon bupati Pangkep, Andi Nirawati (Anir) sebagai sosok perempuan yang menginspirasi. Wahidah mengatakan, Anir sukses di dunia politik, berpendidikan serta pengusaha sukses.

"Anir sosok yang menginspirasi kami, terutama kaum perempuan di sini. Dia dari pendidikannya bagus, pernah berkecimpung di pemerintahan, menjabat anggota DPRD Sulsel, politisi, punya bisnis juga. Jadi semuanya lengkap," kata Wahidah di sela-sela pertemuan dengan Anir, Selasa (24/11/2020).

Selain sukses dalam karirnya, perempuan yang telah bergabung menjadi relawan pasukan oranye Anir-Lutfi ini menilai, Anir juga sosok perempuan yang sukses dalam urusan rumah tangga.

Baca Juga : 

Di tengah kesibukannya, wanita kelahiran Labakkang tersebut, masih punya waktu untuk memberikan perhatian kepada suami dan tiga anaknya.

"Termasuk hebat ini Anir, karirnya bagus dan mampu membesarkan anaknya yang kini telah bersekolah semua. Lalu dia ke sini meninggalkan keluarganya untuk berjuang menuju Pangkep sejahtera, itu nilai plusnya," kata Wahidah.

Dalam kesempatan yang sama, Anir mengungkapkan, kaum perempuan di Pangkep harus bersatu mendukung calon perempuan. Sehingga juga dapat mengangkat derajat kaum hawa.

 

Apalagi, dalam masalah rumah tangga misalnya. Dia mencontohkan banyak kekerasan terhadap perempuan yang terjadi dalam rumah tangga.

"Bapak saya hakim di pengadilan agama, banyak kasus perceraian yang terjadi karena kekerasan rumah tangga dan itu lebih banyak menimpa kaum perempuan. Jadi kasus-kasus seperti ini serius dan butuh kepemimpinan yang juga serius menanganinya. Saya akan angkat derajat ta dan menyelesaikan masalah seperti ini," jelas alumni HMI cabang Makassar ini.

"Jadi sesama perempuan wajib pilih perempuan," ungkap Anir sembari tertawa kecil di hadapan warga.

Anir juga mengajak perempuan dan ibu rumah tangga agar menjadi penopang ekonomi rumah tangga.

"Yang lagi viral kan itu bantuan ekonomi rumah tangga Rp10 juta per KK, jadi emak-emak nanti kita pakai uang ini untuk berdagang. Sehingga ekonomi rumah tangga ta meningkat," ujar perempuan 43 tahun ini.

Di sela-sela acara, Anir dan tim menyerahkan Kartu Penerima Program Prioritas Nomor 4 atau KP-4 bagi masyarakat Kampung Bantilang. Kartu ini harus dikantongi, sebelum masyarakat Pangkep menerima manfaat bantuan kesejahteraan ekonomi rumah tangga yang menjadi program Anir-Lutfi.

Sekadar informasi, Anir-Lutfi memiliki program pemberdayaan perempuan. Seperti meminamilisir tingkat kekerasan bagi perempuan dan anak melalui program edukasi yang berkesinambungan. Mengoptimalkan peran perempuan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi melalui industri rumah tangga atau UMKM.

Selain itu, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perempuan untuk berperan dalam proses pembangunan, pencegahan dan penanganan kekerasan perempuan dan anak melalui unit reaksi cepat dan "Rumah Aman". Memberikan bantuan hukum bagi korban kekerasan perempuan dan anak serta pengadaan ruang laktasi di lingkup kantor pemerintahan.

#anir-lutfi