Selasa, 24 November 2020 14:01

Webinar dan Pertunjukan Rakyat Virtual Hibur Warga Barru di Tengah Pandemi Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Webinar dan Pertunjukan Rakyat Virtual Hibur Warga Barru di Tengah Pandemi Covid-19

Tarian Eppa Teddung karya Sanggar Seni Colliq Pujie dipertunjukkan secara virtual usai diskusi publik mengenai penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

RAKYATKU.COM,BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik (Kominsta), kembali mensosialisasikan penanganan Covid-19 serta pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional.

Sosialisasi digelar dalam bentuk pertunjukan rakyat melalui kesenian tradisional. Dibuka secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru Abustan AB, Sabtu (21/11/2020) di Bola Sobae, Kabupaten Barru.

Acara ini tidak menghadirkan penonton di lokasi kegiatan. Warga menyaksikannya lewat tayangan live streaming di saluran kanal Youtube KPCPEN.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Kegiatan berupa pertunjukan tarian Eppa Teddung karya Sanggar Seni Colliq Pujie dan diskusi publik mengenai penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dipersembahkan dalam acara itu.

Diskusi menampilkan tiga kepala dinas sebagai narasumber yakni, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik (Kominsta) Kabupaten Barru Syamsuddin; Kepala Dinas Kesehatan dr Amis Rifai; dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Andi Takdir.

Diskusi publik ini dimoderatori oleh Darwis Maeis, yang juga dikenal sebagai koordinator Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Barru.

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

Kepala Dinas Kominsta, Syamsuddin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diselenggarakan Kementerian Kominfo bekerja sama Pemkab Barru melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statsitik Kabupaten Barru.

Kegiatan ini, kata dia, digelar dalam rangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Setelah webinar nasional soal Covid-19, Pemda Barru membuat pertunjukan virtual dengan tujuan untuk memberi hiburan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Sehingga alangkah baiknya semua komponen masyarakat, termasuk para seniman melalui pertunjukan rakyat dapat mensosialisasikan penanganan dan cara memutus Covid-19 ini," ajak Syamsuddin.

Baca Juga : Rumah Terbakar, Warga Mengaku Sempat Lihat Petir

Sekda Barru, Abustan AB saat membuka acara ini sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pertunjukan rakyat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid 19.

Menurutnya, Covid-19 yang tengah melanda bangsa ini, nyata dan betul adanya, bahkan telah berdampak hampir ke seluruh sektor kehidupan baik sosial ekonomi dan budaya. Sehingga melalui melalui Pertunjukan Rakyat (Pentura) digelar KPCPEN dan Pemkab Barru yang bertema Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit masyarakt bisa termotivasi untuk bangkit dari Covid-19.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan, sejak bulan Maret 2020 lalu sampai hari ini, dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, sudah lebih dari 8 bulan.

Baca Juga : Usai Pelantikan, Bunda PAUD Kiru-Kiru Diminta Segera Berinovasi

"Semoga pertunjukan kesenian rakyat virtual ini, masyarakat bisa bersemangat, terhibur dan bisa kembali memasuki kehidupan era new normal atau tatanan baru," ujarnya.

Dirinya menambahkan masalah Covid-19 ini masalah yang besar, maka penanganannya tidak akan cukup dari pemerintahan saja akan tetapi melibatkan dukungan seluruh pihak di antaranya masyarakat.

"Alhamdulillah Pemkab Barru selama masa pandemi melakukan berbagai upaya penanganan Covid-19. Lintas komponen ikut terlibat untuk mengedukasi masyarakat dan hadirnya Satgas, sehingga daerah ini tercatat zona hijau," kata Abustan yang juga mantan kepala Dinas Pendidikan Barru.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat Lagi, Kini Total 6.080.451

Dia berharap agar semua bisa aman dari pandemi Covid-19 tetapi tetap bisa produktif, sehingga masalah kesehatan dan pemulihan ekonomi bisa sama-sama teratasi.

Darwis, moderator dalam acara tersebut menyimpulkan bahwa penyediaan vaksin untuk mengatasi wabah penyakit ini diharapkan kepada kepala Dinas Kesehatan dan Kadis Kominsta untuk bekerja sama dalam penyebaran informasi khususnya menangkal berita hoaks.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Satgas Covid-19 #barru