Senin, 23 November 2020 17:06

Debat Kedua Jadi Panggung Bukti Prestasi Suardi Saleh

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Debat Kedua Jadi Panggung Bukti Prestasi Suardi Saleh

Materi yang akan disampaikan nantinya sudah dijabarkan dalam bentuk kinerja, sehingga perlu dilanjutkan pada periode kedua.

RAKYATKU.COM,BARRU - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Barru nomor urut 2, Suardi Saleh-Aska Mappe (SS-AK) optimis bisa tampil maksimal di debat publik jilid 2 yang digelar di Makassar, Selasa (24/11/2020).

Baik Suardi Saleh maupun Aska Mappe sama-sama mengaku tak memiliki persiapan khusus. Hanya pendalaman materi. Sebab tema yang diangkat di debat yakni "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Peningkatan Ekonomi Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal" telah dijalankan Suardi Saleh di periode pertamanya memimpin Kabupaten Barru.

Hal ini membuat pasangan perpaduan latar belakang birokrat-polisi ini diprediksi mampu mengungguli lagi rivalnya di debat publik. Terlebih jika bercermin debat perdana lalu, banyak kalangan menilai jika pasangan ini lebih menguasai materi.

Baca Juga : 

Saat dikonfirmasi, Suardi Saleh mengaku jika tema yang diangkat bukan hal baru bagi dirinya. Karena itu, materi yang akan disampaikan nantinya sudah dijabarkan dalam bentuk kinerja, sehingga perlu dilanjutkan pada periode kedua.

 

"Kalau untuk debat nanti, tidak ada ji persiapan khusus. Insya Allah lebih akan mengurai nanti mengenai program yang sudah saya kerjakan di periode pertama, dan sisa dilanjutkan," kata Suardi Saleh, Minggu (22/11/2020).

Secara khusus mengapresiasi KPU mengangkat tema tersebut. Menurutnya, pembangunan ekonomi berbasis lokal sangat perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, kata dia, ekonomi berbasis lokal langsung menyentuh masyarakat.

 

"Saya kira perlu kita apresiasi KPU karena mengangkat tema ini. Karena pembangunan ekonomi lokal itu mutlak dilakukan di daerah. Karena ini berdampak langsung ke masyarakat. Dan itulah yang sudah kami tunjukkan di periode pertama dengan menambah desa mandiri di Barru. Semoga ke depan bisa dilanjutkan," jelasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Aska Mappe. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi lokal di Barru sudah berjalan dengan baik. Oleh karena itu, kata purnawirawan polisi ini bahwa pembangunan ekonomi berbasi lokal itu perlu dilanjutkan dan dikembangkan di setiap wilayah di Kabupaten Barru.

"Saya kira untuk persiapan khusus itu, tidak ada ji. Karena kan sudah dilakukan oleh Pak Suardi, sisanya nanti kita akan lanjutkan di periode kedua. Kalau perlu dikembangkan lagi," jelasnya.

Ia menambahkan sektor UMKM juga nanti perlu diperhatikan lagi. Alasannya, sektor UMKM di Barru itu menjadi bagian penting dalam perputaran ekonomi. "Paling nanti kita akan kembangkan lagi sektor UMKM karena sektor ini banyak menyerap tenaga kerja," pungkasnya.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Pilkada Barru #SS-AK