Minggu, 22 November 2020 19:54

Pengamat: Paslon Nomor Dua Unggul Jauh di Debat Pilkada Luwu Utara

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengamat: Paslon Nomor Dua Unggul Jauh di Debat Pilkada Luwu Utara

Pada segmen pertama, pasangan Indah-Suaib memaparkan visi misi, secara konkret dan terperinci. Begitupun saat menjelaskan programnya.

MAKASSAR -- Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto menilai pasangan calon nomor urut dua, Indah - Suaib unggul jauh dari dua kandidat lainnya.

Andi Ali Armunanto menjelaskan, pada segmen pertama, pasangan Indah-Suaib memaparkan visi misi, secara konkret dan terperinci. Begitupun saat menjelaskan programnya.

"Itu yang tidak dilakukan kandidat lain, karena itu penting memaparkan visi misi dengan kongkret diawal," kata Andi Ali.

Baca Juga : 

Selain itu kata Andi Ali, pasangan Indah-Suaib juga bisa mengelaborasi programnya pada setiap pertanyaan. "Paslon lain jawabnya justru mengambang dan tidak tidak merujuk ke programnya, dan tidak mengelaborasi visi misinya setiap menjawab pertanyaan," ungkap Ketua Jurusan Ilmu Politik Unhas itu.

Andi Ali menambahkan, keuntungan lain pasangan Indah-Suaib adalah incumben yang tahu petul kondisi pemerintahanya, sehingga dengan mudah menjawab pertanyaan yang ada.

"Justru yang disayangkan adalah calon bupati nomor satu yang juga adalah wakil bupati, justru mengaku tidak tahu kondisi dan program pemerintah, bahkan tadi ada segmen dimana Thahar meminta maaf karena tidak tahu program itu ada. Itukan mrbuat performa debatnya tidak bagus," tutur Andi Ali.

 

"Paslon nomor tiga juga tampak tidak terkonsep, sebenarnya performance bagus tapi dia tidak menyiapkan konsep penting yang akan dia bahas dalam debat, sehingga dalam debat sama saja dengan paslon satu sangat tidak siap," sambungnya.

Soal calon wakil, Andi Ali juga menilai jika calon wakil nomor urut dua Suaib Mansur sangat unggul dibanding calon wakil lainya. " Begitu juga wakil, sangat menonjol performa wakil nomor dua, sangat unggul. Kalau kita urut pemenang debat ini adalah paslon nomor dua," tutup Andi Ali.

#Pilkada Luwu Utara