Minggu, 22 November 2020 18:59
Debat Pilkada Luwu Utara

Rahmat Laguni Akui Kecerdasan Suaib Mansur

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rahmat Laguni Akui Kecerdasan Suaib Mansur

Rahmat Laguni (RL) mengakui kecerdasan saingannya, Suaib Mansur dalam debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati Luwu Utara, yang di gelar di Hotel Seraton Makassar Minggu (22/11/2020).

MAKASSAR -- Calon wakil bupati nomor 1 Rahmat Laguni (RL) mengakui kecerdasan saingannya, Suaib Mansur dalam debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati Luwu Utara, yang di gelar di Hotel Seraton Makassar Minggu (22/11/2020).

Bukan hanya program, atau kualitas setiap kandidat, kecerdasan calon wakil bupati nomor urut dua juga diakui diatas panggung debat yang diaiarkan secara live, oleh salah satu stasiun TV nasional itu.

"Saya paham anda (Suaib Mansur) cerdas, saya paham anda lihai. Tapi calon wakil itu biasanya hanya jadi pajangan saja," kata calon wakil nomor urut 1 Rahmat Laguni, saat diberi kesempatan untuk bertanya kepada Suaib Mansur.

Baca Juga : Punya Jaringan Luas, Eks Kades Dandang Yakin Andi Rahim Mampu Bangun Lutra

Pernyataan itu, langsung ditanggapi Suaib dengan santai. Mantan kepala dinas PU Luwu Utara itu menjelaskan jika seorang wakil bupati punya tugas dan fungsi pokok sendiri, tidak bisa mengambil peran bupati.

"Pengawasan adalah salah satu tugas pokok seorang wakil bupati, selain itu wakil juga bisa memberikan saran. Bupati jugakan tidak selalu berada ditempat, disitu seorang wakil juga bisa berperan menggantikan bupati, namun tetap tidak keluar dalam fungsi sebagai wakil," jelas Suaib.

Jabatan wakil juga adalah jabatan yang sangat starategis, sepeti bagaimana membantu menetaskan kemiskinan, narkoba dan lainya.

Baca Juga : Tokoh Masyarakat Sabbang Ungkap Kesederhanaan Andi Rahim

"Jabatan Wakil Bupati adalah jabatan strategis yg secara ex officio adalah Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) dan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK)," pungkasnya.

"Kalau kita lihat Lutra saat ini, sangat membutuhkan peran wakil bupati, membutuhkan sinergitas antara bupati dan wakil. Bupati dan wakil bupati adalah dwi tunggal. Mengahadapi dua bencana besar covid-19 dan banji bandang, juga sangat dibutuhkan peran seorang wakil," tutup Suaib.

"Terima kasih jawaban Anda," timpal Rahmat Laguni.

#Pilkada Luwu Utara