Kamis, 19 November 2020 23:53

Bangun Makassar, Appi-Rahman Jaga Harmonisasi dengan Pemprov dan Pusat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bangun Makassar, Appi-Rahman Jaga Harmonisasi dengan Pemprov dan Pusat

Appi-Rahman tak mau meniru gaya kepemimpinan pemerintahan sebelumnya yang dinilai kurang harmonis, sehingga pembagunan Kota Makassar mandek.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pemkot Makassar harus membangun sinergi dan harmonisasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dan pusat agar akselerasi pembangunan Makassar berjalan lancar.

Itu yang dijanjikan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman). Janji itu ditegaskan Appi-Rahman dalam kampanye virtual di Town Hall Appi-Rahman, Menara Bosowa, Rabu (18/11/2020).

Appi-Rahman tak mau meniru gaya kepemimpinan pemerintahan sebelumnya yang dinilai kurang harmonis, sehingga pembagunan Kota Makassar mandek.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

“Harus ada hubungan baik dengan Pemprov Sulsel dan pemerintah pusat untuk membangun Makassar. Terutama dalam urusan anggaran,” papar Rahman Bando, menanggapi pertanyaan warga secara virtual dari Kelurahan Biringkanaya.

Rahman mencontohkan satu kasus saat dia menjabat. Akibat tidak sinerginya antara Pemkot Makassar dengan pemerintahan di atasnya, ada anggaran yang terpaksa dikembalikan.

"Saya pernah dua kali dapat anggaran dari pusat untuk Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Rp1 miliar dan Rp4 miliar. Tapi wali kota waktu itu (Danny Pomanto) tidak mau mendukung. Akhirnya dana itu kembali lagi ke pusat," beber Rahman.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Masih menurut Rahman, untuk membangun Makassar, tetap dibutuhkan bantuan banyak pihak. APBD Kota Makassar sebesar Rp4 triliun masih terlalu kecil jika dibandingkan jumlah penduduknya.

"Penduduk kita satu jutaan. Anggaran daerah kita cuma Rp4 triliun. Kecil ini anggaran cuma Rp4 triliun. Apa yang mau dibangga-banggakan. Kita harus pintar-pintar cari Dana Alokasi Khusus. Dana dari pusat. Makanya harus ada hubungan yang baik dengan provinsi dan pusat," ulas Rahman.

Sinergi pemerintahan tak hanya dengan Pemprov Sulsel dan pusat. Appi-Rahman berkomitmen menjaga sinergi itu dengan pemerintahan yang ada di bawahnya. Menurut Appi, sebagai kota metropoltian, Makassar telah melewati serangkaian perubahan dan perkembangan.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

“Nah, perubahan ini harusnya berjalan seiring dengan pelayanan pemerintahan. Itu butuh harmonisasi pemerintahan mulai dari pemerintah sampai tingkat RT dan RW. Ini agar pelayanan kepada publik bisa berjalan lancar,” timpal Appi.

"Pelayanan publik adalah segala macam bentuk pelayanan. Baik berupa barang, jasa, dan administratif. Untuk semua itu bisa berjalan baik, maka harus hadir tata kelola pemerintahan yang baik. Dalam realitasnya di Makassar, tata kelola pemerintahan belum berjalan baik karena kurang harmonis antara lembaga yang ada,” tutup Appi.

#Pilkada Makassar #appi-rahman