Jumat, 20 November 2020 15:53

Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi, Lark Hadirkan Fitur Terbaru

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi, Lark Hadirkan Fitur Terbaru

Pandemi COVID-19 memaksa perusahaan di seluruh Indonesia, termasuk kota Makassar harus cepat beradaptasi melakukan transformasi digital sehingga performa perusahaan tetap maksimal.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pandemi COVID-19 memaksa perusahaan di seluruh Indonesia, termasuk kota Makassar harus cepat beradaptasi melakukan transformasi digital sehingga performa perusahaan tetap maksimal.

Lark, platform kolaborasi terintegrasi hadir dengan berbagai fitur yang memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja dan saling berkolaborasi tanpa hambatan jarak dan waktu. Apalagi, Pandemi COVID-19 menjadi pukulan berat terhadap pertumbuhan ekonomi di kota Makassar.

"Hingga triwulan ketiga, kota Makassar mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi yang cukup tajam dari 8,7% menjadi 2,8%," ujar Kepala Bappeda kota Makassar, Andi Khadijah Iriani.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat Lagi, Kini Total 6.080.451

Hal ini mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk terus melakukan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara memaksimalkan transformasi digital guna membangkitkan sektor UMKM di tengah lesunya daya beli.

Menanggapi kondisi ini, Peneliti Sosial dan Komunikasi, DR. Devie Rahmawati  meyakini, situasi pandemi COVID-19 menjadikan pertumbuhan ekonomi dan bisnis berbasis data digital bukan lagi sebuah masa depan, melainkan masa kini. Maka setiap perusahaan, baik korporasi, perusahaan rintisan (startup) maupun UMKM harus membuka mata untuk memulai transformasi cara bekerja digital.

"Transformasi digital dapat menjadi kekuatan untuk maju bagi sebuah perusahaan agar bergerak lebih cepat dan produktif. Namun dalam penerapannya dibutuhkan komitmen dari perusahaan untuk secara konsisten melakukan perubahan," tuturnya.

Baca Juga : Aturan Mudik Lebaran: Wajib Pakai Masker Tiga Lapis, Dilarang Teleponan

Transformasi digital kata Dia, tidak hanya berdampak pada struktur organisasi dan penempatan strategis (strategic positioning), tapi juga memberikan efek pada semua level dalam perusahaan seperti pengaturan tugas, aktivitas, dan berbagai proses manajemen.

"Hasilnya, transformasi digital harus mampu meningkatkan produktivitas. Kinerja pegawai menjadi lebih efektif dan efisien, seperti kemampuan untuk bekerja di manapun dan kapanpun, serta meningkatnya proses komunikasi, dan kolaborasi,” ucap Devie.

Platform kolaborasi Lark dapat menjadi solusi bagi tantangan yang dihadapi bisnis. Lark dapat mempertemukan seluruh pihak terkait pada suatu perusahaan. Salah satu fitur utama yang dapat bermanfaat untuk proses bekerja yaitu Lark Video Call yang memungkinkan melakukan konferensi video secara gratis dan dapat menampung hingga 100 peserta.

Baca Juga : Satgas COVID-19: Buka Puasa Bersama Boleh, tetapi Jangan Mengobrol

Selain itu, terdapat juga beberapa fitur dari Lark yakni Lark Messenger, Lark Docs dan Lark Sheets dan Lark Drive. Lark tersedia dalam versi website yang dapat diakses di Windows, dan MAC, serta versi aplikasi untuk Android dan IOS. Saat ini, Lark tersedia dalam 11 bahasa tampilan, termasuk Bahasa Indonesia.

Penulis : Yuniastika Datu
#Lark #Satgas Covid-19