Minggu, 15 November 2020 10:45

Wali Kota Palopo Pimpin Apel Siaga Bencana

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Pimpin Apel Siaga Bencana

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan berdampak kondisi alam yang bernama La Nina yang diprediksikan pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021.

PALOPO - Wali Kota Palopo Judas Amir memimpin apel persiapan dan peralatan SAR untuk mengantisipasi penanggulangan bencana yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Minggu, 15 November 2020.

Judas Amir dalam amanatnya menyampaikan, antisipasi dan kesiapan menghadapi gangguan dan bencana, kesiapan personil dan peralatan SAR menjadi sangat penting sebagai salah satu upaya persiapan diri menghadapi iklim yang sangat ekstrem akhir-akhir ini.

"Kita mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan berdampak kondisi alam yang bernama La Nina yang diprediksikan pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021," paparnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Lanjutnya, masing-masing instansi yang mengikuti apel dan instansi terkait telah menyiapkan peralatan yang akan dipergunakan sebagai alat penyelamatan bila terjadi bencana termasuk kecelakaan seperti laut dan di manapun juga.

"Hari ini kita wujudkan persiapan yang sudah ada dan Alhamdulillah peralatan cukup memadai, meskipun begitu apabila peralatan memadai akan tetapi manusianya tidak siap akhirnya ini akan menjadi masalah," kata Judas.

Untuk persiapan bencana alam, Judas Amir telah menyiapkan personel dari Tim SAR, Kepolisian, TNI, BPBD dan Basarnas dari Pemerintah Pusat yang selalu siap membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam di Kota Palopo.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

"Dalam waktu dekat kita akan persiapkan bersama segala sesuatunya agar kita bisa latihan bersama terutama dari personel Kepolisian, BPBD dan personil TNI supaya sebelum hujan semua personel sudah siap," ujarnya.

 

#pemkot palopo