Rabu, 18 November 2020 06:39

Hadiri Peringatan Hari Jadi Ke-700 Gowa, Wagub Sulsel Kabarkan Megaproyek Bendung Jenelata Senilai Rp44 Triliun

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadiri Peringatan Hari Jadi Ke-700 Gowa, Wagub Sulsel Kabarkan Megaproyek Bendung Jenelata Senilai Rp44 Triliun

Kabupaten Gowa mendapat Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembangunan Bendungan Jenelata senilai Rp4,4 triliun.

RAKYATKU.COM,GOWA - Disambut tarian Pakkuru Sumange, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri rapat paripurna DPRD Gowa, Selasa (17/11/2020).

Rapat paripurna itu dalam rangka peringatan hari jadi ke-700 Kabupaten Gowa tahun 2020. Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin Raping.

Wagub Sulsel mengenakan jas tutup dipadukan penutup kepala passapu. Ia berbeda dengan tetamu pria lainnya yang mengenakan songkok to bone.

Baca Juga : Bupati Adnan Beberkan Pencapaian Dalam Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Gowa

Peringatan hari jadi Kabupaten Gowa kali ini mengangkat tema "Dengan Semangat Gowa Religius, Kita Perkuat Kolaborasi dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Demokrasi".

Dalam orasinya, penjabat Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wagub Sulsel pada hari jadi ke-700 Kabupaten Gowa. Dia lalu memaparkan beberapa capaian Kabupaten Gowa.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman menyampaikan bahwa tidak terasa Kabupaten Gowa yang berusia 700 tahun. Ia pun mengenang Gowa sebagai kerajaan yang besar. Terbukti lahirnya pahlawan-pahlawan nasional dari Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Usul Plt Gubernur Usul kepada Adnan: Jalan Poros Malino Bebas Truk di Hari Sabtu

Ia pun menyampaikan bahwa Kabupaten Gowa mendapat Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembangunan Bendungan Jenelata senilai Rp4,4 triliun. Hal itu berkat sinergitas pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

Bendungan ini akan mengairi 26.773 hektare serta potensi listrik Hydro 7 MW. Gowa bakal menjadi salah satu potensi lumbung pangan pertanian Sulsel dan nasional.

Baca Juga : Atas Inisiatif Wagub Sulsel, Warga Paccerakkang: Alhamdulillah Kami Tidak Kebanjiran Lagi

"Fungsi utamanya untuk pengendali banjir dan kemampuan irigasi mengairi sekitar 26 ribu hektare. Saat ini sudah mulai progres untuk pembebasan lahan dan lelang fisik. Pembangunan ini akan langsung dirasakan masyarakat," ujarnya.

Bendung Jenelata dan Bendung Bili-Bili akan menjadikan Gowa sebagai lumbung pangan. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk kedaulatan pangan.

"Sinergitas dan kolaborasi pusat, provinsi, dan kabupaten akan menjadikan Gowa sebagai proyeksi rencana strategis unggulan wisata, pertanian dan pendidikan serta lainnya. Terus maju untuk Gowa Jaya, Sulsel Jaya. Rewako Gowa!" ungkapnya.

Baca Juga : Wagub Sulsel Apresiasi Distribusi Masker Medis GP Ansor, KSP, dan Aice Group ke Kelompok Rentan Penularan

Wagub juga memberikan apresiasi Kabupaten Gowa atas deklarasi Gerakan Sejuta Masker dan melahirkan Perda Wajib Masker dan Protokol Kesehatan.

Andi Sudirman berharap, puskesmas bisa dimanfaatkan sebagai pusat kesehatan masyarakat dan tidak bergantung hanya pada rumah sakit.

"Bagaimana puskesmas betul-betul sebagai pusat kesehatan masyarakat menjadi promotor kesehatan untuk mendeteksi pencegahan dini," katanya.

Baca Juga : Utus Andalan Sulsel Peduli Berbagi di Pulau Lae-Lae, Istri Wagub Sulsel: Berbagi Memberi Rasa Damai

 

#Hari Jadi Gowa #Wagub Sulsel