Selasa, 17 November 2020 22:09

Tingkatkan Akurasi Distribusi, Kalla Logistics Pasang Alat Pendeteksi di Tiap Armada

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Kalla Transport and Logistics
Foto: Kalla Transport and Logistics

"Kami sudah melakukannya. Memasang alat pendeteksi di setiap armada distribusi. Di kapal, ada yang namanya GPS Route Shipment. Pada armada land transporter kami juga dilengkapi alat yang fungsinya sama, baik truck box, car carrier, hingga car towing."

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketepatan waktu distribusi merupakan hal mutlak dipenuhi penyedia jasa logistik saat ini. Salah satu yang diperlukan untuk memenuhinya ialah dengan menghadirkan GPS-tracking system. Layanan yang mampu menyediakan kepastian informasi secara real time bagi klien.

COO Kalla Transport and Logistics, Andi Muhammad Gunawan, mengatakan, solusi praktis dan modern saat ini ialah tiap armada memang mesti dilengkapi Global Positioning System (GPS). Baik di darat maupun di laut.

"Kami sudah melakukannya. Memasang alat pendeteksi di setiap armada distribusi. Di kapal, ada yang namanya GPS Route Shipment. Pada armada land transporter kami juga dilengkapi alat yang fungsinya sama, baik truck box, car carrier, hingga car towing," kata Gunawan, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga : Melalui Layanan Same Day Delivery, Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah di Cahaya Bone

Tujuannya, lanjut Gunawan, pelanggan bisa mendapatkan kepastian dan jaminan. "Untuk mendapatkan akurasi pengiriman barang. Distribusi bisa tepat waktu," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Kalla Logistics sangat menjaga akurasi distribusi. Karenanya, pihaknya memiliki Service Level Agreement (SLA) untuk menjamin waktu pengiriman.

"Misal, akurasi waktu pengiriman barang dari lokasi A ke tujuan B 45 menit. Nah, waktu itu yang harus kita jaga," ujar Gunawan.

Baca Juga : Optimalkan Distribusi Walls, Kalla Translog dan IC Unilever Resmikan 3 Unit Armada Baru CDD Long

Selain itu, SLA menjamin keamanan ditribusi produk klien sekaligus mengontrol kualitas dan standar proses kerja driver. Mulai dari kecepatan, penggunaan bahan bakar, hingga pergerakan setiap armada di sepanjang jalur yang dilalui selama menuju tujuan pengantaran.

“Kita bahkan bisa mendeteksi dari sistem secara akurat, kapan, di mana, dan berapa lama driver berhenti di sepanjang jalur yang dilalui. Jadi, dengan begitu, kita bisa melakukan kontrol dan evaluasi proses secara akurat dan objektif hingga ke tangan pelanggan,” urai Gunawan.

Sementara itu, COO Kalla Lines, Muhammad Naim, menjelaskan, GPS-tracking system bekerja dengan bantuan satelit. Sistemnya bisa tetap bekerja dalam segala kondisi. Cuaca buruk sekali pun tetap normal.

Baca Juga : Kalla Transport & Logistic Jadi Official Partner Pengiriman Kendaraan Listrik KTT ASEAN 2023

"Siapa yang bisa mengontrolnya? Tentu operator, dalam hal ini Kalla Lines atau Kalla Logistics sendiri," ungkpanya.

Naim melanjutkan, alat ini mampu mendeteksi titik koordinat kapal dan kecepatan berlabuh secara akurat. Pergerakan kapal mulai dari titik berangkat sampai titik tujuan akhir bisa diketahui secara real time dan on time.

"Ibaratnya seperti kita memesan transportasi online. Kita bisa nge-track dimana posisinya. Sangatlah membantu akurasi distribusi barang," bebernya.

Baca Juga : Kalla Transport & Logistics Gelar Business Tour Ice Cream Wall's

Ia pun yakin layanan ini akan semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan untuk mengetahui kondisi dan waktu tempuh distribusi produknya. "Inilah salah satu keunggulaan layanan kami. Menjawab kebutuhan ketepatan waktu distribusi," tuturnya.

Adapun jumlah armada Kalla Lines saat ini berjumlah tiga kapal jenis Roro dengan rute Makassar-Jakarta-Balikpapan-Jakarta. Mampu menampung lebih dari 1.950 unit kendaraan kecil, sedang, besar, hingga alat berat. Selain itu, ada pula armada tanker berkapasitas 1.550 Mton.

Sementara, untuk armada transporter, tersedia berbagai varian armada yang sesuai kebutuhan mitra pelanggan, mulai dari pick-up deck, pick-up box, blind VAN, box engkel, standard box, truck hingga wing box Total kapasitas yang bisa didistribusikan lebih dari 3.000 kubik.

#Kalla Transport & Logistics