Senin, 16 November 2020 18:06

Perubahan Item BPNT di Jeneponto Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perubahan Item BPNT di Jeneponto Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Pembagian sembako dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Jeneponto, Sulawesi Selatan berubah itemnya.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Pembagian sembako dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Jeneponto, Sulawesi Selatan berubah itemnya.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil rapat Tim Koordinasi (Tikor) tingkat Kabupaten Jeneponto bersama dengan unsur Tim Koordinasi dan Pendamping beserta supplier.

Dari hasil rapat tersebut, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diberikan bantuan sembako berupa ikan bandeng segar tiga ekor, telur 15 butir beras premium 10 Kilo gram.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Selain itu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Jeneponto juga diberikam sayur-sayuran  berupa kentang, wortel, labu siam dan tomat.

"Sebelumnya kami dibagikan ikan kaleng sama telur dan beras, sekarang ikan kaleng sudah tidak ada, saya juga dikasi sayur-sayuran dan ikan bandeng 3 ekor," ucap Ratna, salah satu penerima manfaat di Kecamatan Bangkala Barat.

Dari perubahan tersebut, pihak Supplier dari selaku penyedia barang mengaku mengambil bahan sayuran dari wilayah Jeneponto sendiri untuk menggerakkan ekonomi lokal masyarakat.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

"Sayuran segar kita ambil dari masyarakat langsung melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Ini tentunya bertujuan agar ekonomi ditingkat bawah terus bergerak ditengah pandemi Covid-19," terang Abd Rahim selaku supplier.

Untuk mempacking sayur-sayuran, tambah Abd Rahim, ia juga mengaku menyerap tenaga kerja warga sekitar untuk penghasilan tambahan bagi warga sekitar.

Abd Rahim melanjutkan, pihak juga meyediakan mobil truk box freezer pengangkut ikan ke E-Warung untuk menjaga kualitas dan kesegaran ikan yang akan dibagi ke masyarakat.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

"Pihak kami juga meyiapkan mobil box freezer atau mobil thermo pendingin untuk mendistribusikan ikan agar terjaga dan terjamin kesegaranya," ujar Rahim, Senin (16/11/2020).

Sementara sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Abdul Razak Baso menyebutkan, berdasarkan rapat Tim Koordinasi ada beberapa yang ditambahkan. Seperti ikan dan sayuran.

"Hasil rapat tikor ada perubahan untuk item yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Jeneponto, termasuk ada  sayuran dan ikan bandeng segar," tutur Abdul Razak Baso.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Diketahui, sebelumnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Jeneponto mendapat Bantuan Sosial Pangan (BSP) berupa beras 10 Kilo gram, telur dan ikan kaleng.

Setelah terjadi perubahan, KPM diberikan berupa ikan bandeng segar tiga ekor, beras premium 10 Kilo gram, telur 15 butir. Termasuk juga sayur-sayuran berupa wortel, tomat, labu siam dan kentang.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto