Sabtu, 14 November 2020 23:41

DLH Parepare Turun Keruk Selokan dan Bersihkan Tumpukan Sampah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Normalisasi selokan atau drainase perlu dilakukan agar ketika intensitas hujan tinggi tidak menimbulkan dampak genangan air.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Petugas Kebersihan Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare turun mengeruk selokan dan membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di sejumlah titik.

"Kita bersama tim kebersihan turun melakukan normalisasi selokan yang tersumbat. Ini bagian dari pelayanan dan respons pemerintah Parepare terhadap keluhan masyarakat,” terang Ardiansyah, Kepala Bidang Kebersihan dan pertamanan DLH PemParepare, Sabtu (14/11/2020).

Dia menjelaskan, normalisasi selokan atau drainase perlu dilakukan agar ketika intensitas hujan tinggi tidak menimbulkan dampak genangan air.

Baca Juga : Pemkot Parepare Bersama Pemerhati Lingkungan Bersihkan Anjungan Cempae

DLH Parepare, kata dia, juga menyediakan bak sampah kontainer agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya.

“Pembersihan tumpukan sampah timbunan juga kita lakukan di beberapa titik agar tidak mengganggu aktivitas warga. Kita perbaiki dan siapkan bak sampah kontainer juga. Kita turunkan petugas dan armada pengangkutan,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap masyarakat dapat berkomitmen untuk menjaga aset pemerintah itu, sehingga kejadian membahayakan yang terjadi beberapa waktu lalu tidak terulang, yang mana ada oknum warga membakar sampah di dalam kontainer.

Baca Juga : Muncul Kasus Aktif COVID-19 di Parepare, Taufan Pawe Ingatkan Pentingnya Vaksin

“Adanya oknum warga membakar sampah di dalam kontainer menyebabkan kontainer mengeluarkan panas hingga rawan kebakaran. Bagi petugas kami yang mengangkut juga tentu sangat berbahaya. Selain itu kontainer juga cepat rusak,” ungkapnya.

Memasuki musim penghujan ini, kata Ardiansyah, DLH Parepare mengimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak pada saluran air atau drainase yang bisa menyebabkan penyumbatan.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, sebelumnya juga menyampaikan imbauan agar warga tak membuang sampah sembarangan tempat.

Baca Juga : Terbatas dan Langka, RSUD Andi Makkasau Gunakan TCM untuk Pasien Kritis Terindikasi COVID-19

Imbauan itu dimaksudkan untuk mencegah genangan air di permukiman warga di musim penghujan ini. “Diimbau warga jangan buang sampah sembarangan. Apalagi pada selokan dan saluran air. Ini bisa menghambat aliran air dan bisa mengakibatkan genangan,” ungkap Taufan Pawe, beberapa waktu lalu.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkab Parepare #DLH Parepare