Sabtu, 14 November 2020 23:03

Barru Boyong 4 Penghargaan Nasional pada STBM Award

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jajaran perangkat daerah mengikuti acara STBM award ini secara virtual dan diterima oleh di Ruang Basic Kantor Bupati Barru, Jumat (13/11/2020).
Jajaran perangkat daerah mengikuti acara STBM award ini secara virtual dan diterima oleh di Ruang Basic Kantor Bupati Barru, Jumat (13/11/2020).

Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, ditetapkan sebagai peringkat pertama kabupaten/kota terbaik dalam kategori upaya percepatan Stop BABS dan berhak menerima penghargaan STBM Award 2020.

RAKYATKU.COM, BARRU - Nama Kabupaten Barru kembali harum di kancah nasional. Prestasi dan pengakuan diukir dengan tinta emas lewat ajang Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan.

Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, ditetapkan sebagai peringkat pertama kabupaten/kota terbaik dalam kategori upaya percepatan Stop BABS dan berhak menerima penghargaan STBM Award 2020.

Jajaran perangkat daerah mengikuti acara STBM award ini secara virtual dan diterima oleh di Ruang Basic Kantor Bupati Barru, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

Penghargaan di bidang sanitasi kesehatan lingkungan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus dan diterima oleh Plt. Kepala Bappeda Umar Sinampe beserta segenap jajaran pemerintah daerah dan mitra seperti pemerintah desa, Baznas, Tim Forum KKS, serta Leader komuniatas di Barru.

Plt. Kepala Bappeda, Umar Sinampe memimpin penerimaan penghargaan itu menyebut, bahwa tokoh kunci di balik sukses raihan prestasi ini, adalah Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS) Barru, Hasnah Syam MARS.

"Keberhasilan ini tak terlepas dari dorongan Bupati dan Wakil Bupati, Suardi Saleh dan Nasruddin, Forkopimda serta Sekda Barru. Yang lebih utama yakni, Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat, Hasnah Syam beserta pengurus yang selalu mendorong terwujudnya seratus persen ODF," sebut Umar yang juga mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Barru ini.

Baca Juga : Bupati Barru Minta Percepatan Realisasi Proyek APBD 2024 dan Telusuri Bantuan Beras yang Hilang

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, Hasnah Syam MARS menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru meningkatkan kesadaran dan membentuk kebiasaan lebih sehat.

Bukan hal yang mudah untuk mendorong setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi pola hidup sehat. Lewat upaya konsisten dan berkesinambungan, Ketua Forum KKS Barru berhasil menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menjadikan lingkungannya lebih sehat.

"Ini sudah bisa membuktikan kalau kita serius dan komitmen pasti bisa, setelah berhasil ODF, diharapkan dapat berlanjut ke pilar STBM selanjutnya hingga mencapai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Desa STBM)," ungkap Hasnah Syam saat memberikan sambutan dihadapan warga Soppeng Riaja dan pejabat pemerintah daerah di area Embung Paccekke, Soppeng Riaja, September lalu.

Baca Juga : Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Mulai upaya merunut dari tingkat Desa dievaluasi step by step, dihampir setiap kesempatan, Hasnah Syam sebagai Ketua Forum KKS Barru ini tak henti berkoordinasi.

Dia intens koordinasi langsung bahkan verifikasi lapangan bersama Tim di Bappeda atau Dinas Kesehatan, termasuk mengajak Baznas Barru untuk ikut serta membantu mencerahkan warga fakir miskin. Dan akhirnya, satu persatu kecamatan pun mengajak setiap perwakilan institusinya untuk Deklarasi ODF sejak awal 2020 ini.

Kiprah Hasnah Syam sebagai Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS), menjadi pendorong baginya untuk menuntaskan masalah dasar kesehatan dengan berkoordinasi dan terus mendorong agar setiap kecamatan di Barru bisa ODF.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Halalbihalal KKAR, Tekankan Pentingnya Tradisi Silaturahmi

Apalagi sejak masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, sampai hari ini, tidak lepas dari Upaya mensejahterakan rakyat melalui kesehatan. Beliau sebelum menjadi Anggota DPR RI dari Komisi membidangi Kesehatan, merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru.

Selain penghargaan kategori percepatan ODF, Kabupaten Barru juga sukses meraih juara satu kategori percepatan lintas sektoral pelibatan elemen masyarakat serta mendapatkan penghargaan terhadap beberapa kategori.

-Kategori Kepala Desa dan Lurah, atas nama Kepala Desa Pacekke Muhammad Dahlan S.Sos,

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Pemkab Barru Diharap Ringankan Beban Masyarakat

-Kategori terbaik Sanitarian/Petugas Kesehatan lingkungan dari Puskesmas, Armin Arif Rahmasyah S.KM

-Kategori Natural Leader, Andi Syah Indra Irwan dengan Komunitas Aplus-nya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #STBM Award