Jumat, 13 November 2020 00:14

Pahlawan di Masa Pandemi, Inilah Sosok Dedikatif Lokal Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Darwis Maes.
Darwis Maes.

Darwis mendapatkan akses khusus untuk koordinasi langsung dengan semua pilar pemangku kebijakan serta fasilitasi sarana sebagai bentuk kesatuan sinergi demi kemaslahatan bersama.

RAKYATKU.COM, BARRU - Gema Hari Pahlawan 10 November terus digaungkan di tengah Indonesia yang masih berjuang keluar dari pandemi Covid-19.

Di balik upaya itu, ada orang-orang yang memiliki andil besar dalam rangkaian semangat juang kepahlawanan.

Sudah 223 hari sejak dibukanya Posko Induk dan Media Center Satgas Covid-19 Kabupaten Barru, sejak itu pula Sekretariat Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Barru yang digawangi oleh Darwis Maes menjadi bagian penting perang Barru melawan Covid-19.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Darwis mendapatkan akses khusus untuk koordinasi langsung dengan semua pilar pemangku kebijakan serta fasilitasi sarana sebagai bentuk kesatuan sinergi demi kemaslahatan bersama.

Darwis yang merupakan aktivis kemanusiaan berpengalaman dan pernah selama berbulan-bulan menjadi yang terdepan di bencana gempa dan likuefaksi Palu tahun lalu.

Pria yang berdomisili di Dusun Buludua, Desa Balusu ini, dalam aktivitas normalnya berkantor di salah satu ruangan Bappeda Kabupaten Barru sebagai konsultan beberapa program. Salah satunya adalah open defecation free (ODF) dan yang terbaru adalah program madani untuk peningkatan kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan organisasi masyarakat sipil di Daerah.

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

Namun, sejak pandemi Covid-19 menjadi penanganan dan memerlukan upaya khusus untuk pencegahan penyebaran di daerah, dia diminta kesediaannya menjadi leader dalam administrasi di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Barru.

"Kepercayaan yang diberikan dalam mengelola Sekretariat Satgas menjadi sebuah tantangan tersendiri berkaloborasi dengan governmant, CSO, media, komunitas, dan private sector menjadi pengalaman tersendiri dalam menangani respons Covid-19, semoga menjadi amal ibadah di setiap perbuatan untuk kebaikan," kata Darwis, Rabu (12/11/2020).

Di level nasional, seorang di antaranya adalah Prof. dr. Sri Rezeki Hadinegoro. Perempuan kelahiran Solo, 14 Mei 1946 ini, mulai akrab dengan vaksin sejak dia bergelut dengan penyakit infeksi pada anak-anak.

Baca Juga : Bank Indonesia Gelar BIncang Rupiah dan Pahlawan

Baginya, kesehatan anak adalah ilmu tersulit dalam kedokteran. Alasannya sederhana, bayi dan anak-anak sulit untuk ditanya sehingga dokter punya tantangan tersendiri dalam memberikan diagnosis.

Perjalanan Prof. Sri dalam memperjuangkan imunisasi semakin matang setelah dirinya didapuk sebagai Ketua Satgas Imunisasi dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan menjadi Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) sampai saat ini.

Sejak awal, Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak di Universitas Indonesia ini menyadari bahwa permasalahan kesehatan anak-anak Indonesia cukup besar.

Baca Juga : Upacara Hari Pahlawan Tingkat Wajo, Wabup Amran: Tiru, Warisi, Ikuti Ajaran Nilai Mereka

Kesadaran tentang betapa pentingnya vaksin semakin terpupuk setelah dirinya pindah tugas ke Jakarta dan merintis program karang balita, yang kemudian bertransformasi menjadi posyandu.

Bagi Prof. Sri, vaksinasi atau imunisasi merupakan standar kesejahteraan sebuah negara. Cakupan vaksinasi yang luas, memberi gambaran sejauh mana negara tersebut maju, baik secara ekonomi atau sosialnya.

Dalam upaya pencegahan penyakit, Prof. Sri menyebutkan ada dua aspek dasar yang harus dipenuhi oleh negara: air bersih yang merata dan imunisasi. Menurutnya, saat dua hal ini bisa disediakan oleh negara, maka 70 persen masalah kesehatan anak terkait infeksi dapat diatasi.

Penulis : Achmad Afandy
#hari pahlawan #Corona Barru #barru #Satgas Covid-19