Sabtu, 07 November 2020 22:01

Lansia 81 Tahun Ikut Ujian Nasional: Kalau Gagal, Saya Coba Lagi Tahun Depan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Asia One.
Foto: Asia One.

Zou mengaku menghabiskan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian ini dengan jam belajar dua jam per hari.

RAKYATKU.COM - Zou Dianrong, 81 tahun, lansia asal Tiongkok, menarik perhatian luas saat melakukan ujian yudisial nasional di wilayah Ningxia Hui, 1 November 2020 lalu.

Saat ujian selesai, Zou keluar dari ruang ujian dengan senyumnya yang lebar.

"Ujiannya tidak sulit. Menyelesaikan semua pertanyaan tepat waktu adalah sebuah tantangan. Makanya, saya hanya bisa menjawab separuh dari pertanyaan-pertanyaan itu. Susah mengoperasikan komputer, jadi waktu saya banyak terbuang," kata Zou.

Baca Juga : 

Zou adalah seorang guru sebelum akhirnya pensiun. Dirinya bisa saja menghabiskan masa tuanya dengan bersantai di rumah bersama keluarganya.

Akan tetapi, dia ingin mengeksplorasi lautan ilmu pengetahuan. Ketika Tiongkok mulai memperkuat pengetahuan hukum secara nasional, Zou pun muncul dengan gagasan untuk mengambil ujian yudisial nasional. "Saya ingin belajar soal hukum," kata Zou.

Zou mengaku menghabiskan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian ini dengan jam belajar dua jam per hari.

 

Keluarga Zou awalnya tidak setuju dengan keputusannya ini karena menilai buat apa mengikuti ujian saat usianya sudah senja.

Namun, Zou mengatakan dia ingin bekerja sebagai sukarelawan bagi masyarakat, termasuk memberikan bantuan konsultasi hukum andai dia lulus ujian.

"Jika saya gagal kali ini, saya akan mencobanya lagi tahun depan. Saya berharap lebih banyak orang mengambil ujian hukum dan belajar ilmu pengetahuan tentang hal ini agar bisa membela hak-hak kita dalam kerangka hukum," kata Zou.

Sumber: Asia One

#viral #Unik #Tiongkok