Rabu, 28 Oktober 2020 09:03

Vocational Video Challenge 2020, Honda Tantang Kreativitas Pelajar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AHM.
Foto: AHM.

Kompetisi Vocational Video Challenge ini merupakan bagian dari program Satu Hati Education Program AHM. Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pandemi yang membuat proses belajar dilakukan secara jarak jauh tidak menghentikan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk tetap berkreasi dalam memberikan dukungan kepada dunia vokasi, termasuk dengan menggali kreativitas pelajar SMK.

Melalui kompetisi bertajuk Vocational Video Challenge 2020, AHM mengajak seluruh pelajar di 682 SMK mitra binaan untuk berkreasi membuat konten video yang menarik terkait materi ajar yang mereka dapatkan pada kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Seleksi Vocational Video Challenge 2020 dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi di wilayah masing-masing seluruh Indonesia bekerja sama dengan seluruh jaringan main dealer Honda.

Baca Juga : Astra Motor Sulsel Hadiahkan 18 unit Motor Honda Kepada PSM Atas Keberhasilan Juarai Liga 1 Musim Ini

Sebanyak 1.203 video berhasil diproduksi dan didaftarkan oleh para peserta ke dalam seleksi regional yang diselenggarakan pada 1-20 Oktober 2020. Konten video belajar berdurasi sekitar 15 menit tersebut terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Pada kompetisi video belajar ini, penilaian tidak hanya diambil berdasar konten kreativitas siswa SMK dalam mempresentasikan bahan belajar saja. Peserta juga ditantang menghadirkan alur cerita dan konten video yang menarik, kualitas video baik dari segi konten maupun pengambilan gambar, penggunaan ejaan, pemilihan kata dan bahasa yang sesuai, serta memiliki unsur originalitas konten yang baik.

Saat ini, telah terpilih 81 video pemenang regional yang diunggah ke YouTube dengan tagar #VocationalVideoChallenge sebagai syarat peserta untuk dapat mengikuti seleksi nasional.

Baca Juga : AHM Luncurkan Produk Baru Honda CRF250L di IIMS 2023

Tak mau ketinggalan, sebagai salah satu jaringan main dealer AHM yaitu Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon juga ikut andil bagian dalam gelaran Vocational Video Challenge 2020. Tiga siswa-siswi atas nama Kiki Satria, Ahmad Taufik, Nadia yang berasal dari SMK Binaan 45 Makassar menjadi perwakilan Asmo Sulsel di gelaran kali ini.

Manager Technical Service and Department Asmo Sulsel, Nindyatama, menjelaskan pandemi Covid-19 tidak menghentikan Honda untuk terus berkreasi dalam mendampingi siswa SMK memanfaatkan waktu produktif yang mereka miliki selama pembelajaran jarak jauh.

“Dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali media pembelajaran yang memanfaatkan video untuk mempelajari materi. Melalui kontes ini, siswa SMK ditantang untuk dapat menularkan kreativitas serta mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif,” ujar Nindyatama, Senin (27/10/2020).

Baca Juga : Selamat, Andi Gilang Berhasil Cetak Sejarah Sebagai Pebalap Indonesia Pertama Yang Meraih Gelar Juara ARRC Kelas Supersport 600

Nindyatama menambahkan, pihaknya optimistis perwakilan dari Asmo Sulsel bisa mengukir prestasi di gelaran ini sekaligus mengaharumkan nama pelajar SMK Sulsel di kancah nasional. “Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Sulawesi," ucapnya.

Pada tahap seleksi nasional, video peserta pemenang seleksi regional dinilai oleh tim juri untuk menentukan 3 video terbaik di masing-masing tema kompetisi yang akan diumumkan pada 25 November 2020.

Juara pertama kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp3.000.000, untuk juara kedua sebesar Rp2.000.000, dan untuk juara ketiga sebesar Rp1.000.000.
Sementara itu, juara favorit berdasarkan jumlah like terbanyak pada video kompetisi yang telah diunggah peserta ke akun YouTube berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp2.000.000.

Baca Juga : Pebalap Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Video belajar para pemenang Vocational Video Challenge 2020 ini juga akan diunggah pada akun resmi YouTube Sahabat1Hati agar dapat terus digunakan dan bermanfaat bagi pelajar SMK lainnya.

Kompetisi Vocational Video Challenge ini merupakan bagian dari program Satu Hati Education Program AHM. Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

Siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Baca Juga : New Honda Vario 125 Resmi Mengaspal di Makassar, Cek Harga dan Promonya

Pada 2018, AHM telah memiliki SMK binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, terdapat 60 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi yang dimilikinya.

#Astra Honda Motor #Astra Motor Sulsel