Jumat, 23 Oktober 2020 16:02

Tips Memilih Desain Kitchen Set Menyesuaikan Bentuk Ruangan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Semua desain dari kitchen set juga harus disesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruangan Anda.

RAKYATKU.COM - Kitchen set bisa membuat dapur Anda terlihat lebih mewah dan lebih rapi. Dapur adalah ruangan yang penting untuk diperhatikan karena desain dapur ini sangat mendukung kegiatan memasak Anda.

Dengan menentukan desain yang tepat dapur Anda akan memiliki tampilan yang lebih menarik.
Yang penting untuk Anda ketahui di sini adalah model sangat berpengaruh terhadap tampilan dapur Anda.

Semua desain dari kitchen set juga harus disesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruangan Anda. Simak beberapa desain kitchen set yang bisa Anda aplikasikan di rumah Anda berikut ini.

Paralel
Alasan mengapa desain harus menyesuaikan bentuk ruangan agar bisa memanfaatkan ruangan tersebut secara sempurna.

Menyesuaikan desain kitchen set sesuai dengan bentuk ruangan juga akan membuat tampilan dapur Anda menjadi lebih indah dan menarik. Salah satu desain yang bisa Anda manfaatkan adalah model paralel. Model ini akan menghasilkan dua kabinet yang saling berseberangan.

Hal yang harus Anda perhatikan saat akan menyusun kabinet ini adalah perhatikan jaraknya dan memiliki ruang gerak yang cukup sehingga pastikan jika ukuran kabinet ini sudah sesuai. Ruang gerak yang nyaman ini akan membuat Anda lebih enjoy saat memasak.

 

Linear Satu Sisi
Desain ini bisa Anda aplikasikan di bentuk ruangan yang minimalis. Desain ini merupakan kebalikan dari dapur paralel atau linear dua sisi. Desain ini disebut dengan one wall kitchen karena hanya ada satu bidang yang menempel di dinding.

Layout ini merupakan yang paling sederhana dibandingkan dengan yang lainnya karena semua peralatan memasak seperti kompor, wastafel, sampai dengan penyimpanan diletakkan di satu tempat.

Akibatnya adalah Anda harus mengaplikasikan peralatan yang multifungsi mengingat gerak yang terbatas. Anda yang tinggal di apartemen maupun hunian yang mungil cocok menerapkan layout jenis ini.

U Shape
Desain dari kitchen set ini beragam sehingga sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan dengan bentuk ruangan dapur Anda. Salah satu desain yang bisa Anda aplikasikan adalah U shape atau bentuk U.

Desain ini memiliki 3 sisi sekaligus sehingga ruang geraknya menjadi lebih leluasa, area penyimpanan lebih banyak dan adanya konsep kerja segitiga di dapur sehingga jauh lebih efektif. Penting bagi Anda untuk meletakkan kompor dan area cuci jangan terlalu jauh karena membuat kerja tidak efektif.

Untuk yang memiliki ruang minimalis maka desain ini tidak disarankan karena membuat ruang daur justru terlihat penuh.

Bentuk L
Bagi Anda yang memiliki bentuk ruang minimalis maka bentuk L ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan, bahkan bentuk L ini cocok untuk lahan apapun.

Cara pendesainan pun sangat mudah yaitu Anda hanya perlu meletakkan dua kabinet saling tegak lurus. Satu sisi untuk bagian kompor dan sisi lainnya untuk bagian alur.

Bisa dipastikan bahwa desain inilah yang paling fungsional karena memudahkan alur dalam bekerja. Anda tidak perlu memutar tubuh dari satu kabinet ke kabinet lainnya hanya perlu menggeser sedikit untuk menuju kompor ke bak cuci piring.

Bentuk G
Desain kitchen set selanjutnya adalah bentuk G yang mana merupakan perkembangan dari bentuk U. Desain ini hanya cocok diaplikasikan di alur dengan ruangan yang luas saja karena jika di dapur yang minimalis hal ini akan menyebabkan ruangan Anda terlihat penuh.

Kelebihan dari desain ini adalah banyak area penyimpanan sehingga mampu menampung banyak barang di dalamnya dan barang-barang terlihat jauh lebih rapi.

Menentukan Desain Kitchen Set di Ruangan Dapur
Desain ini menjadi hal yang penting dalam sebuah rumah atau ruangan karena keindahan dan juga estetika dari ruang tersebut sangat tergantung dengan desain yang Anda terapkan.

Selain menyesuaikannya dengan desain rumah yang Anda usung maka penting bagi Anda untuk menyesuaikan dengan luas dan bentuk ruangan.

Untuk bisa menentukan desain kitchen set untuk ruang dapur Anda penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu yang pertama adalah luas ruangan dapur Anda, setelah itu penting bagi Anda untuk memperhatikan bentuk ruangan dapur Anda apakah kotak, apakah persegi panjang, bulat, dan lain sebagainya dimana hal ini sangat penting untuk menentukan desain untuk kitchen set Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan kitchen set atau peralatan lainnya untuk mempercantik dapur Anda bisa mengakses Ruparupa.

Ruparupa menjadi platform e-commerce dan home living terbaik di Indonesia dimana disini menyediakan peralatan rumah tangga yang lengkap yang mana bisa membuat rumah Anda terlihat lebih indah dan rapi.

Tidak hanya peralatan dapur saja yang bisa Anda dapatkan di sini namun Anda juga bisa menemukan aneka sofa dan kursi, rak, rak lemari, dan penyimpanan, peralatan elektronik rumah tangga dan masih banyak lagi lainnya.

Harganya pun sangat variatif sehingga bisa disesuaikan dengan budget Anda. Untuk mewujudkan desain kitchen set impian Anda silahkan berbelanja di Ruparupa sekarang juga dijamin Anda tidak akan kecewa dan menyesal karena banyak promo dan diskon besar-besaran menanti Anda.

https://www.ruparupa.com/rak-dan-penyimpanan.html

#Kitchen Set