Kamis, 22 Oktober 2020 11:29

Keren, Begini Konsep UMKM Center dan Rumah Usaha Kreatif Anir-Lutfi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Anir-Lutfi rancang pembangunan gedung UMKM Center dan Rumah Pelaku Usaha Kreatif.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelaku usaha kreatif menjadi salah satu fokus pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) bila diberi mandat memimpin Kabupaten Pangkep. Keberadaan UMKM diyakini bisa menjadi lokomotif penggerak roda perekonomian.

Sejumlah program ekonomi untuk UMKM sudah disiapkan oleh pasangan nomor urut 4 ini. Salah satunya adalah pembangunan gedung UMKM Center dan Rumah Pelaku Usaha Kreatif.

Berada di jantung Kota Pangkep, gedung UMKM Center ini menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Pangkep.

Baca Juga : Lutfi Hanafi Ajak Bupati Pangkep Foto Bareng Usai Nyoblos di TPS

"Gedung UMKM Center ini akan menjadi pusat informasi dan penjualan produk-produk UMKM se Kabupaten Pangkep. Lokasinya strategis demi mendongkrak angka penjualan," ucap Anir, pada Kamis (22/10/2020).

Keberadaan UMKM Center ini akan dibarengi dengan memberikan bantuan modal atau dana stimulus sebesar Rp5 juta per tahun bagi 1.000 UMKM. Selanjutnya, mereka akan mendapat pendampingan hingga bisa mandiri. Langkah ini sekaligus untuk melahirkan produk lokal yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasaran.

"Usaha itu ada ilmunya. Bagi warga yang baru merintis (UMKM), akan didampingi sampai bisa mandiri," papar mantan anggota DPRD Sulsel ini.

Baca Juga : Besok Pencoblosan, Anir-Lutfi ke Pemilih: Awali dengan Basmalah

Pelaku usaha kreatif juga mendapat perhatian serupa. Pasangan yang diusung Gerindra, Hanura dan PKS ini menyiapkan gedung khusus untuk milenial entrepreneur.

Nama gedungnya adalah Rumah Pelaku Usaha Kreatif. Gedung ini juga nantinya berdekatan dengan UMKM Center.

"Rumah ini akan mengakomodir industri kreatif lokal. Selain itu, juga difungsikan sebagai rumah latihan dan pengembangan kreativitas," kata Anir, perempuan kelahiran Labakkang ini.

Baca Juga : Kawal Pemungutan Suara, Anir-Lutfi Siapkan 2.100 Saksi di Semua TPS

Bagi cabup perempuan pertama di Pilkada Pangkep ini, segala daya upaya tidak akan pernah mengkhianati hasil. UMKM dan pelaku usaha kreatif di Pangkep harus mendapat perhatian khusus akibat dampak Covid-19.

"Pangkep kaya akan sumber daya alam. Ini yang mesti dikelola dengan baik agar cita-cita Pangkep sejahtera terwujud," jelas politisi Gerindra ini.

#anir-lutfi #pilkada pangkep 2020